@thesis{thesis, author={Siti Yuli Yanti }, title ={Hubungan konsep diri dan motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa program S1 dengan perpanjangan masa studi di perguruan tinggi Kota Malang / Siti Yuli Yanti}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100459/}, abstract={Berdasarkan kondisi fisik dan psikis yang normal semakin berkembang seseorang maka semakin mampu dia mengatasi lingkungannya. Selain mengetahui lingkungannya dia juga mengetahui siapa dirinya yang dikenal sebagai konsep diri. Perkembangan pembentukan nilai dan konsep diri seseorang dapat pula dibentuk melalui pendidikan perguruan tinggi. Sesuai dengan teori bahwa konsep diri memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap motivasi dalam menyelesaikan tugas yang di hadapinya. Khususnya bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi yang tidak menutup kemungkinan menghadapi kesulitan sehingga banyak mahasiswa program S1 yang harus melakukan perpanjangan masa studi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan konsep diri dan motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa program S1 dengan perpanjangan masa studi. Rancangan yang digunakan adalah penelitian korelasional. Uji coba instrumen dilakukan pada 40 mahasiswa sedangkan penelitian dilakukan pada 100 mahasiswa yang tersebar di empat Perguruan Tinggi Kota Malang menggunakan teknik sampling Stratified Proportional Random Sampling dan disempurnakan oleh teknik Equal Probability Random Sampling. Metode yang digunakan untuk menyusun skala konsep diri dan skala motivasi adalah metode Rating yang dijumlahkan (Methods of Summated Rattings) dari Rensis Likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsep diri pada mahasiswa program S1 dengan perpanjangan masa studi termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 59 mahasiswa sedangkan tingkat motivasi juga termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 66 mahasiswa. Ada hubungan positif antara konsep diri dan motivasi menyelesaikan skripsi dengan hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisen korelasi hitung sebesar 0 621 yang berarti hubungan kedua variabel menunjukkan adanya hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi orang tua hendaknya lebih memahami serta mengarahkan konsep diri dan motivasi mahasiswa ke arah yang lebih positif hal ini dapat dilakukan dengan cara berkonsultasi ke bagian kemahasiswaan selalu memberi dukungan dan mengembangkan rasa percaya dirinya. Bagi para mahasiswa agar dapat seobyektif mungkin dalam memandang diri sendiri untuk dapat meningkatkan konsep diri dan motivasinya ke arah yang lebih positif. Bagi pengelola perguruan tinggi selain merancang program belajar guna meningkatkan kreatifitas mahasiswa terutama pada saat menyelesaikan skripsi juga lebih meningkatkan layanan bimbingan bagi mahasiswa/orang tua. Bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk mengembangkan teori psikologi sehingga dapat diaplikasikan tidak hanya pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi dan melakukan perpanjangan masa studi namun juga pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi dan tidak melakukan perpanjangan masa studi. } }