@thesis{thesis, author={Pribadi Dina Retnaning}, title ={Hubungan antara motivasi berprestasi, self-efficacy, dan bakat numerik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dina Retnaning Pribadi}, year={2009}, url={http://repository.um.ac.id/100480/}, abstract={Prestasi belajar matematika perlu adanya peningkatan dikarenakan pelajaran matematika menjadi salah satu pelajaran yang masuk dalam UAN dengan standar kelulusan yang tinggi. Banyak faktor yang dapat berhubungan dengan prestasi belajar matematika antara lain motivasi berprestasi self-efficacy dan bakat numerik. Motivasi berprestasi self-efficacy dan bakat numerik bisa ditingkatkan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa apabila mendapat rangsangan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Motivasi berprestasi siswa SMA Laboratorium UM (2) Self efficacy siswa SMA Laboratorium UM (3) Hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Laboratorium UM (4) Hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Laboratorium UM (5) Hubungan antara bakat numerik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Laboratorium UM (6) Hubungan antara motivasi berprestasi self efficacy dan bakat numerik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu proposional random sampling. Dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium UM dengan jumlah responden sebagai sample adalah 134 siswa. Adapun untuk metode analisis data menggunakan teknik persentase dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) motivasi berprestasi dengan kualifikasi sedang (70%) (2) self-efficacy dengan kualifikasi sedang (67%) (3) bakat numerik siswa dengan kategori tinggi (68%) dan (4) prestasi belajar matematika siswa masuk dalam kategori sedang (71%). Hasil analisis data ditemukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika dengan (r 0 557 p 0 000 0 05) ada hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dengan prestasi belajar matematika dengan (r 0 974 p 0 000 0 05) ada hubungan yang positif antara bakat numerik dengan prestasi belajar matematika dengan (r 0 972 p 0 000 0 05) dan ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi self-efficacy dan bakat numerik dengan prestasi belajar matematika dengan (r 0.979 p 0 000 0 05). Dari hasil analisis regresi berganda antara variabel motivasi berprestasi self-efficacy dan bakat numerik dengan prestasi belajar matematika diperoleh koefisien nilai F sebesar 978.572 (p 0 05). Saran-saran yang dikemukakan adalah sebagai berikut Bagi siswa SMA Laboratorium UM hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan motivasi internal dari diri sendiri agar mampu mengikuti kegiatan-kegiatan dan proses pembelajaran matematika dengan baik. Bagi konselor dan guru bidang studi lebih memperhatikan keluhan dan lebih bersikap proaktif membantu siswa agar prestasi belajar matematika mereka meningkat untuk peneliti selanjutnya sebaiknya mencoba melakukan peningkatan self-efficacy dengan menggunkan pengalaman masa lalu pengalaman tidak langsung dan persuasi verbal serta program pengembangan atau pengenalan terhadap bakat pada siswa SMA Laboratorium UM untuk meningkatkan aspek-aspek psikologis siswa khususnya motivasi berprestasi self-efficacy dan bakat numerik.} }