@thesis{thesis, author={Prasetya Figur}, title ={Hubungan antara konsep diri dan perilaku agresi pada siswa kelas X SMK Al Huda Kota Kediri / Figur Prasetya}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100487/}, abstract={ABSTRAK Prasetya Figur. 2008. Hubungan Antara Konsep Diri Dan Perilaku Agresi Pada Siswa Kelas X SMK Al Huda Kota Kediri. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prastuti M.Si (II) Drs. Mohammad Bisri M.Si Kata kunci konsep diri perilaku agresi remaja. Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan yang terus-menerus dan terdiferensiasi. Konsep diri berpengaruh kuat terhadap tingkah laku seseorang. Perilaku agresi adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan sengaja kepada individu lain baik itu secara langsung atau tidak langsung secara verbal atau fisik pasif maupun aktif sehingga menyebabkan individu lain merasa tersakiti baik fisik atau psikis pada individu yang tidak menginginkan datangnya perilaku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dan perilaku agresi pada siswa kelas X SMK Al Huda Kota Kediri. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi product moment Pearson dengan bantuan program SPSS 13.0 for windows dalam melakukan analisisa data supaya lebih cepat dan akurat untuk mengetahui hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja siswa kelas X SMK Al Huda Kota Kediri dengan sampel berjumlah 100 siswa yang memiliki rentang usia 16-18 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri dan skala perilaku agresi yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dan skala tersebut telah diuji coba pada siswa SMK Ma arif Batu yang menjadi sampel untuk mengetahui apakah skala tersebut sudah valid dan reliabel. Teknik yang digunakan peneliti dalam melakukan pengkategorian konsep diri dan perilaku agresi menjadi tiga kategori yaitu tinggi sedang dan rendah adalah dengan menggunakan mean dan standar deviasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsep diri siswa kelas X SMK Al Huda Kota Kediri tergolong sedang yaitu sekitar 62 siswa dari 100 siswa. Sedangkan pada perilaku agresi siswa kelas X SMK Al Huda Kota Kediri tergolong sedang yang cenderung mengarah cukup tinggi yaitu sekitar 69 siswa dari 100 siswa. hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada korelasi negatif antara konsep diri (sebagai variabel bebas) dan perilaku agresi (sebagai variabel terikat) pada siswa kelas X SMK Al Huda. Adanya korelasi negatif antara kedua variabel yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel. Hal ini bahwa semakin tinggi konsep diri pada siswa kelas X SMK Al Huda maka semakin rendah perilaku agresinya dan begitu juga sebaliknya semakin rendah konsep diri pada siswa kelas X SMK Al Huda maka semakin tinggi perilaku agresi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada semua pihak yang terkait dalam pembentukan konsep diri remaja agar memahami lebih jauh aspek-aspek yang dapat mempengaruhinya untuk mengurangi kecenderungan perilaku agresi remaja. Dalam perkembangan dan pembentukan pribadi remaja yang sehat dan memiliki konsep diri yang baik perlu adanya kualitas hubungan interpersonal yang baik khususnya dengan pihak keluarga (orang tua). } }