@thesis{thesis, author={Wulandari Sulistyo}, title ={Penerapan kurikulum muatan lokal Bahasa Jawa: studi kasus pada siswa kelas II di SLTP Negeri 2 Malang oleh Sulistyo Wulandari}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/10055/}, abstract={ABSTRAK WulandariS ulistyo.2 003.P enerapunK urikulumM uatanL okal BahasaJ ewa Studi Kasus pada Siswu Kelas II di SLTP Negeri 2 Malang. Skripsi Program Studi PendidikanB ahasad an SastraI ndonesia J urusanS astral ndonesia FakultasS astraU nivenitasN egeriM alang( UM). Pembimbing( 1 ) Drs. H. SolchanT .W. M.Si. dan (II) Dra. Hj. Titik Harsiari M .Pd. Kata kunci penerapank u rikulumm uatanl okal b ahasaJ awa Kurikulum muatanl okal merupakanb agiand ari kurikulum nasional.D i dalam SK Mendikbud dijelaskan bahwa kurikulum muatan lokal terdiri atas dua macamy aitu muatanl okal wajib danm uatanl okal pilihan. Muatanl okal wajib yaitu muatanl okal yang dilaksanakand i semuak elas berupab ahasad aerahJ awa atau bahasad aerahs ukunyam asing-masingM. uatan pilihan yaitu muatan lokal yang pelaksanaanndyaa patd ipilih kepalas ekolahd ari jenis muatanl okal yang tersedia. Bahasa Jawa sebagai salah satu muatan lokal yaitu bahasa daerah wajib yang diajarkand i SekolahD asar (SD) dan sekolahL anjutanT ingkat Pertama( sLTp). Tujuanp enelitianin i yaitu (1) untukm endeskripsikatne knik pembelajarakne terampilan berbahasa ( 2) untuk mendeskripsikanp embelajaranu nsur kebahasaand an apresiassia strad an (3) untuk mengetahufia ktor penghambadta n pendukungp elaksanaanp embelajarabna hasaJ awa. Untuk mencapai tujuan penelitian ini perlu dilakukan penelitian dengan rancangank ualitatif. Data penelitian berupa catatan lapangant entang tuturan dan tindakang urus ertas isway angd iperolehs elamab elajarm engajarb erlangsungD. ata tenebut diperolehm elalui obsewasi.D ata lain berupa faktor penghambadt an faktor pendukungp elaksanaanp embelajaranb ahasaJ awad apatd ijaring denganw awancara dan angket. Instrumend alam penelitiani ni adalah peneliti sendiri. Pengambiland ata dilakukan oleh peneliti sendiri yang dibantu dengan catatan lapangan yang diperoleh dari semua kegiatan observasi wawancara dan angket. Dalam mengumpulkan dan menganalisids ata digunakant abel panduano bservasid an panduana nalisisd ata. Analisisd atad ilakukans ecarain duktifdenganl angkah ( l) reduksid ata ( 2) display data d an( 3) mengambikl esimpuland anv erifikasi. Hasil penelitiank urikulumm uatanl okal bahasaJ awam eliputi( l) teknik pembelajarank eterampilanb erbahasa( 2 ) teknik pembelajaranu nsurk ebahasaadna n apresiassi astray ang merupakanp emaduand ari masing-masinga spekk eterampilan berbahasaD. alam analisisd ata d ihasilkan8 baganp emaduanb esertat eknik keterampilannyyaa itu ( a) menyimak membaca(f okus) r menulis berbicara dengante knik membacan yaring ( b) membaca menyimak( fokus) menulis membaca menyimakd engante knik dengaru cap ( c) menyimak9 menulis menyimak membaca (d ) menyimak t menulis (fokus) menyimak membacad engante knik menulisa ksaraJ awa ( e) menyimak l membaca menulis menceritakank embali secarali san (f) berbicara kebahasaan(f okus) (g) kebahasaan (fokus) membaca dengan teknik menyusun kalimat (h) membaca menyimak berbicara(f okus) denganm enggunakante knik apresiaspi uisi. Faktorp endukungd an penghambamt empengaruhpi rosesb elajar mengajar. Faktorp endukungd ari guru yaitu guru dapatm emanfaatkanb ahanp embelajaran yangd isesuaikand engank urikulum muatanl okal bahasaJ away angm eliputi pembelajaraenm pata spekk eterampilanb erbahasau nsurk ebahasaand a b apresiasi sastras edangkanfa ktor pendukungd ari sisway aitu minat sisway angt inggi untuk belajarb ahasaJ awa k arenam enurutm erekad apatm elatih bertatak ramad engan sopanF. aklor penghambadt ari guru yaitu guru tidak berlatarb elakangp endidikan bahasaJ awa s edangkanfa ktor pengambadt ari sisway aitu banyaknyas isway ang tidakm emiliki bukup elajaranb ahasaJ awak arenam enurutm erekap elajaranb ahasa Jawa sulit dipelojari terutama tentang berbicara dengan bahasa Jawt krumu.} }