@thesis{thesis, author={Setiyono Gilang Agus}, title ={Perbedaan motivasi kerja guru taman kanak-kanak ditinjau dari status PNS dan non PNS di Kabupaten Trenggalek / Gilang Agus Setiyono}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100569/}, abstract={ABSTRAK Setiyono Gilang A. 2009. Perbedaan Motivasi Kerja Guru Taman Kanak-Kanak ditinjau dari Status PNS dan NON-PNS di Kabupaten Trenggalek. Skripsi Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prastuti M.Si (II) Diantini Ida Viatrie S.Psi M.Si. Kata Kunci motivasi kerja Guru Taman Kanak-Kanak Status PNS dan non PNS Perhatian Pemerintah dalam merevitalisasi kinerja guru untuk meningkatkan kesejahteraan guru tidak terlalu terasa bagi sebagian guru yang memiliki status tertentu. Akan tetapi banyaknya jumlah guru yang masih terus bertahan untuk bekerja membuktikan bahwa setiap pekerjaan selalu dilatarbelakangi oleh adanya motivasi kerja yang selalu beragam. Keberadaan status pegawai negeri memiliki motif-motif tentang karakter pekerjaan yang berbeda dengan pegawai yang bekerja dengan status bukan pegawai negeri (Houston 2000). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui motivasi kerja Guru Taman Kanak-Kanak yang berstatus PNS di Kabupaten Trenggalek (2) untuk mengetahui motivasi kerja Guru Taman Kanak-Kanak yang berstatus non PNS di Kabupaten Trenggalek dan (3) untuk mengetahui perbedaan motivasi kerja antara Guru Taman Kanak-Kanak yang berstatus PNS dan Guru Taman Kanak-Kanak yang berstatus non PNS di Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-komparatif. Variabel yang diteliti adalah motivasi kerja ditinjau dari status PNS dan non PNS. Pengukuran variabel motivasi kerja menggunakan skala motivasi kerja model Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Taman Kanak-Kanak yang tercatat sebagai anggota IGTKI Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 934 orang. Sampel yang diambil dengan teknik sampel proporsional dengan proporsi 15 % untuk setiap kecamatan sehingga didapatkan sampel sebanyak 140 orang. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat motivasi kerja yang dimiliki oleh Guru Taman Kanak-Kanak dengan status PNS sebagian besar berada dalam klasifikasi sedang (2) Tingkat motivasi kerja yang dimiliki oleh Guru Taman Kanak-Kanak dengan status non PNS sebagian besar berada dalam klasifikasi sedang dan (3) Tidak ada perbedaan tingkat motivasi kerja yang signifikan antara kelompok Guru Taman Kanak-Kanak dengan status PNS dan kelompok Guru Taman Kanak-Kanak dengan status NON PNS. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian ditolak karena p 0 862 0 05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Para Guru diharapkan dapat meningkatkan motivasi kerjanya agar kinerja guru makin optimal (2) Yayasan terkait diharapkan dapat menjalankan tanggungjawabnya terhadap Taman Kanak-Kanak yang dinaunginya (3) Pemerintah diharapkan dapat memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan guru agar kinerja guru makin optimal (4) Bagi peneliti berikutnya sebaiknya menggunakan metode penelitian ataupun teori motivasi lainnya dalam melakukan penelitian pembanding. } }