@thesis{thesis, author={Mustafa Beta Devi}, title ={Studi tentang Tingkah Laku Lekat (Attaccment Behavior) Pada Anak Bungsu Usia 4-6 Tahun Di TK Permata Bunda Malang oleh Beta Devi Mustafa}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100622/}, abstract={Penelitianin i mengungkatpin gkahl aku lekatp adaa nakb ungsud ihubungkan denganp enerapanp ola asuho rangt ua. Dimana tingkah laku lekat adalahs uatu bentuk hubungan spesial yang terbentuk secara bertahap dalam bentuk keinginan untuk selalud ekatd engans eseorangy ang dipilihnya dan dapatm embuati katan perasaany angk uat dengano rangt ersebutd an kehadirannyad apatm eredakan kecemasand an rasat ertekana nak.P adaa man sekarangp erubahanz amanm embawa pengaruhp ula padatingkahla ku lekata nakb ungsud an pola asuho rangt ua.P ola asuhy ang dibenkank epadaa naku ntuk membentukt -epribadiany ang dapatd ilihat melaluip erkembangaann akb aik secarafi sik maupunp sikis.D alamh al ini diharapkan agar tingkah laku lekat pada anak bungsu dan pola asuh orang tua dapat menuniangp erkembangaann ak seoptimalm ungkin. Penelitiani ni bertuiuanu ntuk mengetahu(rI ) siapao bjek lekat anakb ungsu (2) pola fingkahl akua nakb ungsute rhadapo bjekl ekaty angd imilikinya ( 3) pola tingkah laL-uo bjek lekat padaa nak bungsu ( a) tingkah laku anakb ungsud alam bergauld engante man-temadni kelasnyad an( 5) pola asuhy angd iterapkano leh orangt ua yang dapatm enyebabkanp emilihano bjek lekat pdaanakbungsu. Penelitianin i merupakanp enelitiank uantitatifdeskriptifyangd ilakukanp ada lima lima anak didik TK Permata Bunda yang terdiri dan2 oranganak didik laki-laki dan3 oranga nakd idik perempuanJ.e nisp enelitianin i merupakanp enelitian deskriptif yang menceritakana tau mendeskripsikanp eristiwa-peristiwas ebapimana terjadi secaraa lami melalui pengumpuland atad an latar belakanga lami sebagai sumberl angsungk arenap eneliti terlibat langsung.P eneliti menggunakanp endekatan kuantitatifd anp engumpuladna tad ilakukand engante knik wawancarao bservasdi a n angket. Tahap analisis yang dilalcukan adalah (l ) mereduksi data (2) display data dan( 3) penarikank csimpulanv erifikasid anr efleksi. Dari hasila nalisisd atad iperolehh asilp enelitians ebagabi erikut (l) bahwa yangm enjadio bjekl ekata nakb ungsua dalahi br.rk akek n enek d anp embantunya. Anak bungsum emilih ibu kakek nenek d an pembantuk arenas asarank elekatan lebih mampum enentramkadna nm enenangkaann ak.likad ibandingkand engano rang lain (2) tingkahl alqra nakb ungsute rhadapo bjekl ekaty angd imilikinya seperri menangism enjerigm erangkuml erapatm erupakapne rilakuk elekatayna ng diperlihatkan anak dalam upaya untuk selalu dekat dengan oblek lekatnya dan Inenghrndakne cemasaunn iukb erprsah( 3 ) tingkahi aku oblekl ekatt erhadapa nak bunssuo.b iekl ekatc enderunmq emaniakaann ak.a kibatnya nakb ungsus ulil untuk berdikaris elalub ergantunpga dao rangl ain dank urangm endapakt esempataunn tuk memecahkamna salahnysae ndiri.( 4 ) tingkahl aku anakb unssud alamb erqauld engan teman-temanndvai k elas a nakb ungsud apatb ergaudi enganb aik tanpaa danya kesulitand anh ambatant e tapit erkadanga naks ukam emukult emannyajik a temannytaid alrm enurutis emuap ermintaannyad.a n( 5) pola aiuh yangd iterapkan oleho rangt ua yangd apatm enyebabkapne milihano bjekl ekatp adaa nakb ungsu adalahp ola asuhd emokratis.B erdasarkanh asil penelitian b ahwap ola asuhy ang diterapkaonl eh kelimao ftrngt ua siswaT K PermataB undad apatm embuaat nakanaknyam empunyaik elekatand engano rangl ain. Dari hasilp enelitianin i disarankan(l ) bagig uruT K sebagaiin formasib agi gurud alamm embantus isrvak hususnyaa nakb ungsuy ang mengalamik elekatany ang sangakt uat dengano bjek lekat sehinggad apatm embeiajarkans iswau ntuk mandiri (z)bagto rangt ua d apatm emberikang ambaranp adao rangt ua bagaimanap ola tingkahla ku lekatp adaa nakd ana pap engaruhnydaa lams osialisasai nak s ehingga orang tua dapat membenkan didikan asuhan dan perlakuan yang tepat pada anak bungsu( 3 ) bagi objekl ekat o bjek lekats ebaiknyad alamp engasuhannytiad ak terlalum emanjakaann akd anl ebih perhatiand alamm endidikd anm engasuha nak agara nakl ebihb isam andiri ( 4) bagi peneliti s ebagaiin formasiy angd iharapkan akanm emperolehp engalamanp enelitians ebagabi ekal dalamm elakukanp enelitianpenelitians elanjutnyyaa ngt erkaitd engany angs edangp enelitil akukanm aupun penelitiany angb aru.} }