@thesis{thesis, author={Avivah Siti}, title ={Masalah Karier, Faktor Pnyebab, Dan Bantuan Konselor di SMK Negeri I Blitar Oleh Siti Avivah}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100648/}, abstract={Pasarb ebasd anp ersaingang lobal yang sudahm ulai diterapkand i Indonesia membawab erbagaia kibat yang banyak. Di antaranyac epatnyal aju perkembangan teknologid an informasi. Kedua hal ini mempunyaip engaruh.yangs angatb esarp ada sektor ekonomi khususnya pada dinamika dunia kerja. Kondisi yang selalu berubah setiap saat ini membuat dunia kerja juga berubah dengan cepat. perubahan yang cepat pada dunia ke a membuat calon tenaga ket a harus bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Contoh nyata hal yang selalu berubah dalamdunia kerja adalahm engenaib erbagaip ersyaratany ang harus dipenuhi oleh para calon tenagak erja. Persyaratatne rsebutd i antaranyaa dalahc alon tenagak e a hendaknyap rofesiomadl i bidangnyam empunyai keterampilany ang memadai i novatif kreatif dan banyak lagi persyaratanya ng lain. Semuap ersyaratani ni harus dihadapi oleh calon tenagak erja termaluk siswa SMK yang memang sejak awal sudah dipersiapkan untuk langsung siap bekerja.T idakjarang persyaratan- persyaratany ang terus menerusb erubahi ni menimbulkan masalah baru khususnya bagi siswa sebagai calon tenaga kerja. Masalah yang timbul karena adanya perubahan yang berlangsung terus menerus dalam dunia kerja misalnya persyaratan bagi calon tenaga ket a yang terus berubah disebut sebagai masalahk arier.B erdasarkanh al di atasm akap erlu dilakukanp enelitianu ntuk lebih mendalamdi anm engetahulie bihjauh masalahk arier yangd ialami oleh siswa. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mendeskripsika(nl ) masalah-masalakha rier siswa (2) faktor penyebab yang menimbulkan masalah karier siswa. (3) bantuan yang dilaksanakaonl eh konselors ekolah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I II dan III di SMK Negeri I Blitar tahuna jaran2 004/2005s ertak onselory ang adad i SMKN I Blitar denganlumlahs iswa 1.152 orang dan jumlah konselor 4 orang. Sampel pada siswa berjumlah 2i6 siswa dan diambild enganm enggunakante kniksnailfiedproporsionar Randoms amplingyaint teknik pengambilans ampely angb iasad igunakanji ka populasia dalahg ol ongutyt g mempunyais usunanb ertingkat. Sampelp ada konselor ditentukan berdasarkans ampei populatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa( l) Topik masalahk arier yangb anyak dialamio leh siswaS MKN I Blitar berturut-turuat dalahm asalahm inat [%l masalah pengetahuana wal siswa(45% o)d anm asalahc ita-cita masad epand an pekerjaans iswa (44%)- (2) Faktor yang menyebabkan timbulnya masalah karier siswa secaia beruntun a1i yang paling berpengaruh adalah sebagai berikut kondisi ekonomi orang tua yang tidak mendukung siswa meraih pilihannya(4 lyo) pola pergaulan siswa(39Yo) bimbingan orangnn(37%o) serta pendapat masyarakat terhadap pilihan cita-cita masa depan dan pekerjaan siswa(29%). (3) Bantuan yang sudah dilakukan konselor adalah sebagabie rikul pembuatanp rogramb imbinganp adat iap tahuna jaran(l00%) a nalisis kebutuhasni swad ijadikans ebagadi asarp embuatanp rogramb imbingan(100%) penyelenggaraalany anani nformasik hususnyain formasik arie(100%) layanan konselingb aik individua(100%)m aupunk elompok(50%) la yananp enempatand alam magangd anp ekerjaans etelahlu lus(l 00o/o) layanabni mbingank elompoky angt erdiri darip elaksanaakne giatanh omer oom (25Yo)r o le playing (100%) s imulasi( 75%) semina(r1 00o/ot)e s bakatm inat dant es IQ (100%). Bertitik tolak pada temuan penelitian tersebut maka ada beberapa saran yaitu (l) Konselor sekolah diharapkan bisa memanfaatkan waktu seefektif mungkin mengingatta k adajam BK di SMKN I Blitar. Selaini tu diharapkank onselorb erusaha menyelenggarakakne giatant es bakat dan minat secarab erkala dan memberikan keterangany ang memadaim engenaih asil tes pada siswa. Hal ini didasarkanp ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa masalah minat menempati urutan pertama masalah yangp aling banyak dialami siswa. (2) Guru kejuruan diharapkank erjasamanyay ang baikd alamm embantuk onselorm enyampaikanla yanani nformasid i kelas.( 3) Mengingat sangat pentingnya keterlibatan orang tua dalam penentuan arah pilihjabatan siswam aka sekolahh endaknyam enyelenggarakanla yanank onsultasi sebagaif asilitas bagio rangt ua untuk mengetahuid an memantaup erkembangank arier siswa. (4) Peneliti lanjutany angt ertarikm enelitim asalahk arier diharapkanb isam engulasle bih dalam berbagahi al yang bersangkutand enganm asalahk arier yang dialami siswa misalnya penelitim embahasm engenafi aktor masalahd anp enyebaby ang lebih bervariasdi an lebihr inci. Selaini tu juga hendaknyap enelitim enelitim engapak egiatanr eferal sangat jarang dilaksanakan oleh para konselor serta meneliti tentang kaitan antara pelaksanaan konselingp adas iswad engank ejelasana rahp ilihjabatan padas iswa.} }