@thesis{thesis, author={Zahroh Nurul}, title ={Faktor-faktor yang melatarbelakangi pemilihan jurusan siswa kelas III SMU Erlangga Malang oleh Nurul Zahroh}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100655/}, abstract={ABSTRAK ZahohN urul C03F aktor-faktory ang MelatarbelakangPi entilihanJ urwan Siswa KelasII t SMU ErtanggaM alang.Skipsi J urusanB imbinganK onselingd an PsikologUi nivenitasN egeriM alang.P embimbing(l ) Drs. lksan Suwandi M.Pd(. ll) Drs.M . Ramli M .A. KataK unci Falsor-faktorp emilihanju ntsan s iswaS MU Masalah pemilihan jurusan yang terjadi di sekolah di antaranya yaitu ketidaltepatadna lam pemilihanj urusany ang disebabkanh asil belajar siswat idak menggambarkmanin at atau kecenderungasni swap adas alahs atuj urusan.P adahal dalamp enjurusanb eberapas ekolahh anyab ertitik tolak dari hasil prestasbi elajar saj4s ehinggau ntuk memberikanb antuany angt epatd alamp enjurusans iswa p erlu diketahufia ktor-faktory ang melatarbelakangpie milihanju rusan.B erdasarkanla tar belakang terscbut dirumuskan masalah yaitu falctor faktor apakah yang melatarbelakanpgeim ilihanju rusans isya kelasI II SMU ErlanggaM alang.P opulasi pnelitian ini adalahs eturuhs iswak elasI II tahun ajaran2 002/2003d enganju mlah keseluruhan8 8 siswa. Rancanganp enelitiany ang digunakana dalah penelitian deskriptif(menggambarkaapna adanya)te ntangs uatuv ariabel g ejalaa tauk eadaan. Teknika nalisisy angd igunakana dalaht eknikp ersentase. Hasil analisis menunjukkan bahrva faktor-faktor yang melatarbelakangi pemilihan jurusan antara lain inteligensi prestasi belajar bakat minat cita-cita keadaanfi sik hobi pengetahuano r angt ua dan temans ebayaS. ertaa danyafa ktor lainJainy aitu faktory angd inyataLana taud isebutkans endirio leh siswa.F aktory ang palingb anyakr nelatarbelakanagdi alahf allor minat denganp ersentas5e9 77o /od an yangp aling sedikit melatarbelakangaid alahf aklor lain-lainy aitu 5 75o/oD. ari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa dalam memilih jurusan siswa telah menggunakapne rtimbangank emampuana pay ang adap adad irinya. Dengank ata lain dalamm emilihj urusan s iswat elahm enyesuaikadne nganp otensiy angd imilikinya Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut (1) Kepala Sekolah hendaknya merumuskan kebijakan untuk menggali lebih lanjut faktor yang melanrbelakangpi emilihanj urusan yang pelaksanaannyma elalui rvakilnya g urtr dan staf yang lain. (2) Guru Pembimbing hendaknyale bih banyakm emberikan layanank epadas iswad alam mengenaldi an mengarahkapno tensiy ang dimilikinya dalamp emilihajnu rusanW. ali kelasd ang urub idangs tudih endaknyma embantdua n berperana ktif dalam pelaksanaanp enjurusand iantaranya memberikanp enilaian yangt epatd alamh al prestasbi elajar.( 3) Sisrvah endaknyal ebih mengenalpi otensi yang dimiliki. Orang tua hendaknya lebih memahami putra-putrinva mengenai kelebihand an kelemahannyad a n membenkanp engarahadna lamm emilihj urusan. (4) Peneliti selanjutnyay ang melakukanp enelitianm engenaif aktor-faktory ang melatarbelakanpger milihanju rusanh endaknyam emperlu apso pulasdi an sampedl an memperbanyafak ktor-faktory angd iperkirakanm empengaruhpie milihanju rusan.} }