@thesis{thesis, author={Hindarti Anis}, title ={Keefektifan teknik behavioral untuk meningkatkan motivasi belajar berhitung siswa kelas IV SD oleh Anis Hindarti}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100658/}, abstract={Motivasi belajar berhitung mempunyai peran penting dalam proses belajar mengajadr i kelas.M otivasi belajarb erhitun d ipengeruhoi leh faktor yang berasal dari dilam diri siswa dan fahor yang berasal dari lingkungan. Faktor lingkungan yang dimaksud adalah guru. Guru sebagai menager conditiow. of learning harvs memperhatikakno ndisi belajar. Namun pada kenyataans ehari-harig uru kurang memperhatikasnit uasid an kondisi belajar m isalnyay aitu guru memulai pelajaran dengink ondisik elasy angk otor dan gurut idak segeram enilai hasilp eke aans iswa periLku gurut ersebudi apatm engakibatkansi swam enunjukkanp erilakuy angt idak aktif di k--elaKs.o ndisi yang terburuk adalahs iswa suka membolos.P erilakus iswa y an-g y- angd emikiant tapatd iubahd enganm enggunakatne knik behavioral. Birdasarkanp ermasalahatne riebut maka tujuan penelitiani ni adalahu ntuk mengetahusie jauhm anak eefektifant eknik behavioralu ntuk meningkatkanm otivasi behjL berhitungs iswaI V SD. Teknik behaviorayl angd imaksudd alamp enelitianin i adalah penggabungan antara peraturan kelas interaksi guru-siswa pengajaran sistematis a n p O tiun reiiforcemenl. Teknik behavioral mcrupakan variabel bebas s edangkaunn tuk variabelt erikatnyaa dalahm otivasib elajarb erhitung.Y ang dimaksud motivasi belajar dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam proses bela-j arp- Peemnbeeliltaiajanr adni kelas. ini termasuk penelitian eksperimen dengan menggunakan desam quasie xsperimenta(l ekspeimens emu)d engank ategonp re-test.andp ost test group lerign atauO ne GrolupP retest-PostlesrH. ipotesis dalam penelitiani ni adalaht eknik behavioral efektif untuk meningkatkan motivasi belajar berhitung siswa kelas IV SD. Dalam penelitian ini dilalsanakan uji ahli dan uji lapangan. Uji lapangan bertujuan untuk mengetahuvi aliditas dan reliabilitas inventori yang telah disusun.U ji validitas rn.nggUoafunru musP rodzct Momentd an uji reliabiliAs menggunakanrw tts Alpha. Untrli mengetahui keefektifan teknik behavioral untuk msningkatkan motivasi belajar berhitung siswa kelas IV SD digunakan analisis l4/ilcoxon Signed Rank Test WinD Hasil perhitungand enganm enggunakana nalisis WilcoxonS ignedR ank Test yangb ertujuan-untuukn tukm engetahudi ua kondisi k ondisi sebelumt reatmentd zn iesudah tbatuent. Dari hasil analisis data yaitu beda antara sesudah dan sebelum treatment diperoleh sebesar I pada signifikansi ( I 0 05). Dengan demikian hipotesisy angd iajukand alamp enelitianin i ditolak Hipotesidsi tolakm enunjukkabna hwate knikb ehavioraklu range fektifu ntuk meningkatkmano tivasbi elajarb erhitungs iswak elasI V SD.K urange fektifyate knik ini dikarenakabne beraphaa l diantaranyyaa itu a ) situasdi ank ondisip elaksanaan teknikb ehaviorayl ang kurang tepat b) kemampuans iswa utamanyad alam penguasapaenr kaliand anp embagiand an ini terkaitd engank eterbatasasna ranad an prasatanyaa ngd imiliki siswa c ) pengidentifikasiakna rakteristiks isway angt idak secarma enyelurudtt) penyampaiatunj uanp engajarayna ngh anyas ecarali sant idak ditulisd i papantu lis ej pemberianto kenr einforcery angk urangt epatu tamanypaa da saatp enukaanto ken denganb ack-upr einfocer d an f) jumlah sampeal taus ubyek p eneiitiayna ogt erlaluk ecil sehinggan ilai rank yangd iperolenk egit . . geidas-artahna sil penelitiani ni dapatd isarankana gard ilalarkanp enelitian lebihl a-njumt isalnyate kttikb huuioraul ntukm eningkatkamn otivasbi elajarI PS buf pr gg -.- teknik behavioral utatnanya tindakan ipsajaran perlu Aiperftutitun-fruf-hyaanl g mempengaruhmi otivasib elajars prya ianjalanyay aitu mbtiuasiin strinsik w at} }