@thesis{thesis, author={Mariana Dwi}, title ={Pelaksanaan bimbingan karier di SMK Negeri se Kabupaten Tulungagung oleh Dwi Mariana}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100659/}, abstract={Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang bertujuan membekali pesefia didik dengan seperangkat pengetahuan (kogmtif) sikap (afektifl dan keterampilan(p sikomotorik). Jadi tidak benar kalau ada pendapaty ang mengatakan bahwa pendidikan k uruan hanya mernentingkan ranah keterarnpilan (motorik). Pendidikan Kejuruan bertujuan mempcrsiapkan peserta didik untuk mampu memasuki lapangan kerja yang profesional dengan demikian pera peserta didik dibarapkanm ampu mengembangkanp engetahuan-pengetahuadna sar yang telah dipelajarinyad i bangku sekolah s ehinggad apatm enjadi pekerjay ang produktifdan dapatb eradapasid engans egerat erhadapf rerubahan-perubahayna ng terjadi (Wena r9e6). Untuk menyiapkan dalam memasuki dunia kerja siswa dituntut memiliki kompetensai gar dapatm emilih karier dan menganbangkand iri. Kesiapans iswa dalamm emasuhid unia kerja memangs angatp enting k arcna perkcmbangand an peningkatanil mu pengetahuand an teknologi serta kemajuan dalam trerbagai segr kehidupan dan masyarakat menimbulkan perubahan berbagai aspek kehidupan dan sekaligus menimbulkan berbagai masalah. Masalah yang timbdl diantaranya menyangkukto mpleksnyajenis-jenidsa n pola kehidupanp ersaingana ntari ndividu jenis dan kesempatank e a syarat-syaraVk ompetensi yang diperlukan dalam berbagabi idang pekerjaand an sebagainyaD. enganm elihat masalahy ang sedang dialami oleh banyak siswa tersebut maka penyajian bimbingan karier cli sekolah diharapkand apatm embantus iswa yang mcrenoanakaant au menghindarmi asalahmasalahp erencanaanka rier yang mungkin dihadapi oleh siswa k arenep ada intinya bimbingank arier merupakanu paya-upayam embantui ndividu memecahkanm asalah karier. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahupi elaksanaabni mbingank arier di SMKN seK abupatenT ulungagungy angm eliputi penyusunanp e laksanaane v aluasi programb imbingank arier dan faktor yang menunjangd an menghambats ertau sahausaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif penelitian ini dilakukan di SMK Negeri se Kabupaten Tulungagung dengan sampel yaitu SMKN I SMKN 1I dan SMKN III. Sedangkan populasip enelitiana dalahk onselor/gurup embimbingg uruk ejuruand an siswak elas 1lI adapun dasar penimbangan siswa kelas IIl. Instrumen yang digunakan untuk menggali data adalah menggunakan angket dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakatne knik analisisp ersenlase. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil dalam penyusunan program bimbingan karier konselor lebih banyak menyusun program dengan staf sekolah i setiapa wal tahun pelajaran t ujuan pelaksanaanb imbingan karier sudah cukup dilah an konselor dan guru kejuruan yaitu agar siswa mengetahui berbagai macam pkerjaan yang sesuai dengan potensi dan jurusan. Pada pemberian layanan bimbingank arier konselor telah baik memberikanp ada siswa untuk tamatanc ukup baik sedangkan untuk calon siswa konselor tidak memberikan layanan. Untuk layanan orientasi dan informasi konselor lebih banyak memberikan informasi mengenami acam-macamb idang pekerjaand an prospeknyaP. ada layanank onseling konselorte lah baik memberikanb ukan pada siswa yang bermasalahs aja. Setelah melaksanakalna yanan-layanante rsebut akan diadakan evaluasi konselor telah melaksanakadne nganb aik evaluasid an follow up guru kejuruan sebagianm embantu kegiatane valuasit ersebut.S trategi pelaksanaanb imbingan adalahk arya wisata konselinkga rier k egiatane kstrak urikuler l atihank e a metodey angp alingb anyak digunakand an dilakukan oleh konselor dan guru kejuruan adalahc eramah d iskusi dan tanya jawab. Kegiatan layanan bimbingan karier ini ditunjang oleh sarana dan prasaranaya ng meliputi ruangank onseling alat pengumpul data penyimpand ata. Untuk pelaksanaanb imbingan dibutuhkan waklu sepertij am-jam pelajarans ekolah lainnyab erdasarkaann alisab ahwaw aktup elaksanaabni mbingank urangy aitu hanya satu ada sekolah yang menyediakan jam khusus BK. Kesimpulan dari penelitian bahwap elaksanaabni mbingank arier belum dilaksanakand enganb aik oleh guru pernbimbingy ang dibantu oleh guru kejuruan dalam pelaksanaanb imbingan karier di SMK menemui beberapa hambatan antara lain tentang tidak adanya jam khusus BK kurangnya fasilitas yang menunjang kurangnya buku penunjang BK. Faktor penu4jangnyaa dalah adanya ke asama yang baik antar staf sekolah lembagalembagate rkait adanyak emampuan/minayt ang lebih untuk melaksanakanb imbingan karier r espons isway angb aik terhadapap elaksanaabni mbingank arier.U saha-usaha yang dilakukan sleh ksnselsr dan guru kejuruan untuk mengatasi hambatan yaitu denganm enggunakajanm -jamk osong m engusahakafans ilitasy angm endukung. Berdasarkanh asil penelitian m aka dikemukakans aran-saranse bagabi erikut. Kepala sekolah hendaknya tidak terlalu membebani konselor dengan tugas-tugas diluar bimbingan dan memantau elaksanaan bimbingan karier baik yang dilaksanakan oleh konselor maupun oleh } }