@thesis{thesis, author={Kusumawardhani Anindiyati}, title ={Efektivitas metode kata kunci untuk meningkatkan memori kosa kata bahasa Inggris siswa taman kanak-kanak di TK Dharma Rini II Kota Pasuruan / Anindiyati Kusumawardhani}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100664/}, abstract={Kata kunci memori metode kata kunci kosa kata bahasa Inggris taman kanak-kanak Bahasa Inggris telah diberikan kepada siswa taman kanak-kanak sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Materi yang umumnya diajarkan adalah mengenai kosa kata (vocabulary). Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan memori siswa terhadap kosa kata bahasa asing adalah melalui metode kata kunci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode kata kunci untuk meningkatkan memori kosa kata bahasa Inggris siswa taman kanak-kanak di TK Dharma Rini II Kota Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan post test only control group design. Penelitian dilaksanakan di TK Dharma Rini II Kota Pasuruan dengan menggunakan 20 siswa sebagai subyek penelitian. Subyek penelitian dibagi ke dalam dua kelompok secara random 10 subyek sebagai kelompok eksperimen dan 10 subyek sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan pada tanggal 27 April 2010 sampai 19 Mei 2010. Data dikumpulkan melalui tes kosa kata (post-test) dan observasi. Analisis data menggunakan analisis perbedaan melalui uji Mann-Whitney (U) dan analisis dekkriptif. Hasil uji Mann-Whitney (U) adalah 0 004 0 05 sehingga menunjukkan ada perbedaan kemampuan memori antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Menurut hasil analisis deskriptif dapat diketahui nilai rata-rata kelompok eksperimen 17 7 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 14 2 sehingga menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki kemampuan memori yang lebih baik dibanding kelompok kontrol. Dari kedua hasil analisis dapat dibuktikan bahwa metode kata kunci efektif untuk meningkatkan memori kosa kata bahasa Inggris siswa taman kanak-kanak di TK Dharma Rini II Kota Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada siswa agar mau memperhatikan dan mendengarkan ketika guru mengajar kepada guru agar memberikan variasi dalam metode pembelajaran sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa dan guru diharapkan membantu siswa dalam mengajarkan strategi untuk mempertahankan memori seperti metode kata kunci kepada peneliti selanjutnya agar memperhatikan aspek-aspek psikologis siswa yang lain seperti inteligensi siswa untuk memperkecil penyimpangan hasil menggunakan subjek penelitian yang berjumlah lebih banyak dan berasal dari berbagai TK sehingga hasilnya dapat digeneralisasikan bagi seluruh siswa taman kanak-kanak. Selain itu peneliti selanjutnya dapat menggunakan pretest agar dapat mengendalikan kemungkinan siswa mendapatkan pembelajaran kosa kata bahasa Inggris dari luar dan pemberian metode kata kunci pada kelompok yang dijadikan kelompok kontrol agar lebih terlihat keefektifan metode ini. } }