@thesis{thesis, author={Hasanati Mardiyah}, title ={Tes rentang memori huruf alfabet sebagai pengganti tes rentang memori angka (Digit span) untuk mengukur rentang memori jangka pendek / Mardiyah Hasanati}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100679/}, abstract={Kata Kunci tes rentang memori huruf alfabet tes rentang memori angka (digit span) rentang memori jangka pendek Tes rentang memori angka (digit span) Wechsler Intelligence Scale for Children (WISC) banyak digunakan untuk mengukur rentang memori jangka pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tes rentang memori huruf alfabet dapat dipakai sebagai alternatif pengganti tes rentang memori angka dalam mengukur rentang memori jangka pendek dan untuk memilih jenis tes rentang memori huruf alfabet yang terbaik. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Malang tanggal 8 sampai 20 Maret 2010. Digunakan desain penelitian intersubject replication. Variabel amatan penelitian ialah 3 jenis tes rentang memori huruf alfabet (yaitu yang berisi 9 huruf pertama alfabet huruf alfabet konsonan dan seluruh huruf alfabet) dan variabel kriterianya ialah tes rentang memori angka. Sampel penelitian ialah 52 siswa (22 laki-laki dan 30 perempuan) kelas VII. Setiap subjek diberikan 4 jenis tes rentang memori jangka pendek. Urutan penyajian tes dikontrol dengan teknik counterbalance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga jenis tes rentang memori huruf alfabet dan tes rentang memori angka dalam skor total (F 1 035 p 0 05) skor rentang maju (F 1 008 p 0 05) dan skor rentang mundur (F 0 814 p 0 05). Ketiga jenis tes rentang memori huruf alfabet valid untuk mengukur rentang memori jangka pendek ditunjukkan dari adanya korelasi yang signifikan antara tes rentang memori angka dengan tes rentang memori 9 huruf pertama alfabet (r 0 497 p 0 05) huruf alfabet konsonan (r 0 829 p 0 05) dan seluruh huruf alfabet (r 0 723 p 0 05). Tes rentang memori huruf alfabet reliabel (koefisien reliabilitas Alpha Cronbach 0 810 pada subtes rentang maju dan 0 834 pada subtes rentang mundur). Tes rentang memori huruf alfabet konsonan terbukti paling valid dalam mengukur rentang memori jangka pendek sebagai pengganti tes rentang memori angka. Disarankan kepada praktisi psikologi agar dapat mempergunakan tes rentang memori huruf alfabet konsonan sebagai alternatif pengganti tes rentang memori angka untuk mengukur rentang memori jangka pendek agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai reliabilitas tes-retes pada tes rentang memori huruf alfabet konsonan dan agar dilakukan perhitungan validitas dan reliabilitas tes rentang memori huruf alfabet konsonan pada sampel yang heterogen. } }