@thesis{thesis, author={Prasetyo Irwan}, title ={Hubungan aktualisasi diri dengan kepercayaan diri pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Darul Ulum 1 unggulan BPP Rejoso-Peterongan Jombang / Irwan Prasetyo}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100697/}, abstract={Kata kunci aktualisasi diri kepercayaan diri remaja ekstrakurikuler. Aktualisasi diri merupakan kemampuan individu untuk menggali dan mengembangkan segenap potensi yang dimiliki untuk menjadi diri sendiri dan untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Kepercayaan diri merupakan perasaan puas dan yakin akan kemampuan yang dimiliki dan berusaha mengembangkan penilaian positif terhadap diri sendiri dan lingkungan. Kercayaan diri merupakan aspek kepribadian manusia yang berfungsi penting untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktualisasi diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler (2) mengetahui kepercayaan diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler (3) mengetahui apakah ada hubungan antara aktualisasi diri dengan kepercayaan diri pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler. Subyek penelitian adalah siswa SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP Rejoso-Peterongan Jombang yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler sebanyak 70 siswa sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Aktualisasi Diri dan Skala Kepercayaan Diri. Tehnik analisis data menggunakan Analisis Diskriptif dan Uji Korelasional Product Moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 32 siswa (45 7%) memiliki aktualisasi diri tinggi 38 siswa (54 3%) memiliki aktualisasi diri sedang dan tidak ada siswa yang memiliki aktualisasi dengan klasifikasi rendah. Serta 15 siswa (21 4%) memiliki kepercayaan diri tinggi 55 siswa (78 6%) memiliki kepercayaan diri sedang dan tidak ada yang memiliki kepercayaan diri rendah. Hasil penelitian korelasional Product Moment didapatkan nilai rxy 0 646 dengan taraf probability sebesar 0 000 (sig 0 05). Hal ini menunjukkan adanya korelasi positif antara aktualisasi diri dengan kepercayaan diri yaitu semakin tinggi skor aktualisasi diri siswa maka akan semakin tinggi skor kepercayaan diri siswa. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan kepada beberapa pihak yaitu 1) Bagi Sekolah Agar mencari informasi mengenai siswa serta memberikan penguatan-penguatan positif misalnya memberikan beasiswa untuk setiap prestasi yang didapatka bagi siswa yang memiliki aktualisasi diri dan kepercayaan diri yang rendah bisa menjadi tinggi serta menyusun strategi pembelajaran yang efektif untuk siswa. 2) Bagi Siswa Agar remaja mampu berusaha mengenali diri lebih mencintai dirinya memahami dirinya mulai menyusun tujuan hidup yang yang ingin dicapai. 3) Bagi Orang tua agar mampu motivator dan mencintai anaknya tanpa syarat dan tanpa mebanding-bandingkan dengan orang lain. 4)Bagi Peneliti Selanjutnya diharapkan diharapkan dapat mengadakan penelitian pada subjek yang lebih luas dan menggunakan instrumen pengumpulan data yang lebih beragam. } }