@thesis{thesis, author={Aini Desy Nurul}, title ={Hubungan academic self efficacy dengan perilaku menyontek (cheating) pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Negeri Malang / Desy Nurul Aini}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100700/}, abstract={Kata Kunci Academic Self Efficacy Perilaku Menyontek (Cheating) Perilaku menyontek adalah salah satu fenomena pendidikan yang sering muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar namun hal tersebut masih kurang mendapat perhatian dalam wacana pendidikan di indonesia. Sedangkan Penelitian di Amerika oleh Smith dan Grinder menunjukkan sekitar 70 persen mahasiswa dan 63 persen mahasiswi mengaku telah menyontek setidaknya sekali pada semester sebelumnya atau pada semester yang sedang berlangsung hal tersebut karena mahasiswi tersebut tidak yakin akan kemampuan akademik dirinya sendiri mudah menyerah dan cenderung kurang percaya diri dengan hasil pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran academic self efficacy (2) gambaran perilaku menyontek yang dilakukan oleh mahasiswa (3) apakah ada hubungan academic self efficacy dengan perilaku menyontek (cheating) mahasiswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Academic self efficacy diukur dengan skala academic self efficacy perilaku menyontek (cheating) diukur dengan skala perilaku menyontek (cheating). Subyek penelitian adalah 60 mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Negeri Malang. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik korelasi Pearson dengan bantuan SPSS for windows 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat academic self efficacy pada mahasiswa berada pada tingkatan sedang (2) tingkat perilaku menyontek (cheating) berada pada tingkatan sedang dan (3) terdapat korelasi negatif dan signifikan antara Academic self efficacy dan perilaku menyontek (cheating) mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang (rxy -0 415 dengan signifikan 0 001 [ p} }