@thesis{thesis, author={Atletico Muhammad Fachrizal }, title ={Pengembangan bahan ajar menulis aksara Jawa untuk siswa SD kelas IV / Muhammad Fachrizal Atletico}, year={2016}, url={http://repository.um.ac.id/10072/}, abstract={ABSTRAK Atletico MuhammadFachrizal. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis AksaraJawauntukSiswa SD Kelas IV. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. AnangSantoso M.Pd (II) Karkono S.S M.A. Kata Kunci bahan ajar menulis aksaraJawa Bahasa Daerah adalahsalahsatumuatanlokalwajib yang harusdiajarkanpadajenjangSekolahDasar.Muatanlokal yang wajibdipelajari di wilayahJawaTimuradalahBahasaJawadanBahasa Madura.KurikulumBahasaJawa yang diterapkansaatiniadalahkurikulum 2013.Di dalamkurikulum 2013 dalammatapelajaranBahasaJawaterdapatkompetensidasar yang mengajarkanmenulisaksaraJawa.Penelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehhasilstudipendahuluan yang dilakukanbahwasiswakelas IV SekolahDasarkurang bisa menghafal aksara Jawa dan merangkai kata dalam aksara Jawa.Beberapahaltersebutmenjadipertimbanganpenelitibahwabahan ajar menulisaksaraJawauntuksiswa SD kelas IV perludikembangkan agar kompetensimenulisaksaraJawadapatdicapai.Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis aksaraJawa untuk siswa SD kelas IV yang layak dan efektif dalam penggunaannya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa buku teks menulis aksara Jawa. Buku tersebut berisi materi mengenai sandhangan swara sandhangan panyigeging wanda dan sandhangan wyanjana. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata. Prosedur penelitian ini mengadaptasi hasil modifikasi model pengembangan Borg dan Gall oleh Sukmadinata. Secara garis besar terdapat tujuh tahap prosedur penelitian yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) uji coba ahli dan praktisi (5) merevisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk akhir.Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa catatan wawancara komentar saran dan kritik yang diperoleh dari wawancara guru bahasaJawa dan ahli materi ahlibahan ajar dan praktisi. Data kuantitatif berupa skor yang diperoleh dari hasil penilaian ahli materi ahlibahan ajar praktisi dan ujilapangan.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas(1) pedoman wawancaradan (2) angket. Pedoman wawancara dan angket prapengembangan digunakan sebagai instrumen pengumpulan data awal pada tahap studi pendahuluan. Angket pada tahap uji coba produk meliputi (1) angket uji ahli bahan ajar (2) angket uji ahli materi dan (3) angket uji praktisi dan (4)angketujilapangan. Keempat angket tersebut digunakan sebagai instrumen pengumpulan data untuk penilaian produk yang dikembangkan. Analisis data kualitatif pada penelitian ini antara lain (1) mengumpulkan data kualitatif yang diperoleh dari komentar saran atau kritikahli bahan ajar ahli materi dan praktisi dan (2) menyeleksi dan mengklasifikasi berdasarkan kelompok uji. Analisis data kuanitatif antara lain (1) menghimpun data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian ahli bahan ajar ahli materi praktisi dan tes dan (2) menganalisis data kuantitatif berdasarkan kelompok uji. Uji coba produk melibatkan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 69% yang tergolong cukup layak dan revisi ahli bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 97% yang tergolong sangat layak dan implementasi praktisi memperoleh nilai rata-rata 91% yang tergolong sangat layak dan implementasi dan ujilapanganmemperolehnilai rata-rata 93 75% yang tergolong sangat layak dan implementasi. Saran dari ahli dan praktisi menjadi acuan revisi dan penyempurnaan produk. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar menulis aksaraJawauntuk siswa SD kelas IV yang dikembangkan menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan efektif dalam penggunaannya.Sebagai langkah pemanfaatan produk guru dan siswa disarankan untuk menggunakanbahan ajar menulisaksaraJawaini khususnyapadapembelajaranmenulisaksaraJawa. Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti lain untuk melakukan pengembangan bahan ajar yang lainnya. Penyebaranproduksecaraefektifdanefisiendapatdisebarluaskanmelaluijurnalpenelitiandan forum musyawarah guru matapelajaran (MGMP) Bahasa Daerah. } }