@thesis{thesis, author={Indah Farah Nur}, title ={Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Biologi 1 SMA Negeri 02 Batu}, year={2023}, url={http://repository.um.ac.id/4569/}, abstract={Tuntutan abad XXI dalam bidang pendidikan, pembelajaran tidak hanya mengutamakan pengetahuan, namun juga mengutamakan keterampilan sebagai satu diantara bagian terpenting untuk memajukan sumber daya manusia dengan klasifikasi sumber daya manusia berkompeten, unggul, serta memiliki daya saing. Keterampilan berpikir kritis ialah salah satu elemen dari The 4C Skills yang harus ada untuk menghadapi berbagai tantangan di abad XXI. Peserta didik pastinya menghadapi berbagai permasalahan di masa mendatang sehingga keterampilan berpikir kritis diperlukan untuk mengahadapi permasalahan tersebut. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI Biologi 1 menunjukkan bahwa hanya terdapat 11% atau 4 dari total 35 peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis dengan tingkat baik. Hanya terdapat 46% peserta didik memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Tujuan penelitian ini diraih dengan menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral Kemmis-Mc. Taggart. Peserta didik kelas XI Biologi 1 di SMA Negeri 02 Batu pada Semester Genap tahun ajaran 2022/2023 menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini ialah sebagai perencana tindakan, pelaksana tindakan, pengumpul data, dan penganalisis data. Data dari penelitian ini diperoleh melalui pelaksanaan tes kepada seluruh peserta didik pada setiap akhir siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengukuran keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan tes uraian, sedangkan hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes pilihan ganda. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara kualitatif serta kuantitatif. Model triangulasi digunakan untuk menganalisis hasil dari pelaksanaan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, implementasi model PBL mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sebanyak 43% peserta didik dalam kategori baik dan sebanyak 57% sangat baik. Peserta didik yang mencapai KKTP juga meningkat dari siklus 1 sebesar 60% meningkat pada siklus 2 menjadi 74%. Peneliti merekomendasikan kepada pihak guru untuk menerapkan model PBL pada mata pelajaran biologi sebagai variasi model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik. Peneliti merekomendasikan untuk peneliti selanjutnya agar dapat mempersiapkan penelitian jauh-jauh hari sebelum penelitian dimulai dengan tujuan penelitian dapat berjalan dengan baik dan lancar.} }