@thesis{thesis, author={Mira Henny Asmiati }, title ={Studi kemampuan guru geografi dalam proses belajar mengajar (PBM) di SMA Negeri Kota Malang / Mira Henny Asmiati}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99657/}, abstract={Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia tidak kunjung menemukan hasil yang menggembirakan. Banyak faktor yang mempengaruhinya tetapi yang paling besar mempengaruhinya adalah kondisi guru. Guru memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidik sangat disayangkan jika memiliki kualitas yang kurang sehingga akan terlahir murid-murid yang berkualitas rendah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan sangat membutuhkan guru yang berkompetensi dalam bidangnya. Misi pendidikan akan berhasil apabila dilaksanakan oleh guru yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam (1) penyusunan perencanaan pembelajaran (2) penyiapan bahan ajar (3) mengaplikasikan metode belajar (4) penggunaan media pembelajaran dan (5) pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah survey. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan guru geografi menyusun perencanaan pembelajaran kemampuan guru geografi dalam menyiapkan bahan ajar kemampuan guru geografi dalam mengaplikasikan metode belajar kemampuan guru geografi dalam menggunakan media pembelajaran dan kemampuan guru geografi adalam mengevaluasi pembelajaran. Populasi penelitiannya adalah seluruh guru bidang studi geografi yang tersebar di 12 SMA negeri di Kota Malang dengan jumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan Skala Likert. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan guru sebanyak 86 96 persen guru geografi SMA Negeri di Kota Malang sudah memiliki kemampuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran bidang studi geografi dengan baik. Sebanyak 69 57 persen guru geografi SMA di Kota Malang sudah memiliki kemampuan dalam penguasaan bahan ajar bidang studi geografi dengan baik. Sebanyak 91 30 persen guru geografi SMA Negeri di Kota Malang sudah memiliki kemampuan mengaplikasikan metode mengajar dalam pembelajaran bidang studi geografi dengan baik. Sebanyak 69 57 persen guru geografi SMA Negeri di Kota Malang sudah memiliki kemampuan dalam penggunaan media pembelajaran yang baik. Dan sebanyak 73 91 persen guru geografi SMA Negeri di Kota Malang sudah memiliki kemampuan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran bidang studi geografi dengan baik Berdasarkan kesimpulan tersebut diajukan saran sebagai berikut (1) berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran para guru Geografi sebaiknya berusaha mencari tahu perkembangan yang terjadi dibidang pendidikan karena sekarang muncul konsep-konsep baru dalam hal pendekatan yang digunakan dalam menjabarkan materi. (2) memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah tersedia di sekolah untuk memicu motivasi siswa selama proses pembelajaran. Jika di sekolah tersebut sarana dan prasarananya kurang mendukung guru bisa membuat sendiri media yang murah seperti dari koran gambar dan juga lapangan. (3) melakukan penilaian tidak hanya dari apa yang diketahui siswa tapi juga memperhatikan keaktifan siswa presensi dan perilaku siswa. } }