@thesis{thesis, author={ Siti Siti}, title ={Pola Pembelajaran Sekolah Alam Ciganjur Jakarta selatan oleh Siti Rahmawati}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/997/}, abstract={Pelaksanaapnr osesb elajarm engajayr angm elibatkan pemanfaataanl ams ekitarm emerlukakne mampuadna n kreativitadsa lam mengenalkapnr osesp engajaranya ngm enarikb agis iswad an memiliki nilaip engetahuanS.e kolaha lama dalahs ebuahs ekolahy ang memanfaatkadnim ensia lams ebagaiobyepke ndidikadne ngan7 5% pembelajaradnil akukadni lingkungaanla ms ekitard an25o/doid alam saung( rumahp anggungP).o lap embelajarasne bagaisuatsui stemy ang merupakanko mbinasidarkio mponens istemp embelajarayna ngs engaja dirancangd and ipilihk emudiand ilaksanakasne hinggaa kant imbul peristiwab elajary angb ertujuand ant erkontroyl angm elibatkanp esan orang b ahan a lat t eknikd anl atar.S istemp embelajaradni rumuskan sebagaki ombinasidarbi erbagaki omponend enganm enerapkasnu atu polam anajemetne rtentuy angd ilaksanakaang art ercapatiu juan instruksional. Penyajianp esand alamp embelajaranm emanfaatkalnin gkungan alams ekitars ebagasi umberb elajarm emerlukapno lap embelajarayna ng sesuadi and apatm emenuhki ebutuhanb elajars iswa.P olap embelajaran inid ibentukd enganm enitikberatkapna das trategpi enyampaiayna itu prosedurru tina taua cuany angd isiapkanu ntukm enggunakabna han peralatano rangd an lingkunganu ntukm enyampaikapne sank epada siswa d ana tauu ntukm enerimas ertam eresponm asukany angb erasal darisiswa.P enelitianin i mengamboil byek paras iswad ang uruS ekolah AlamC iganjuJr akartaS elatank arenap embelajarayna ngd ilakukand i sekolaha lamm emanfaatkasne optimaml ungkinli ngkungaanl ams ekitar sebagasi umberb elajar. Penelitianin i bertujuanu ntukm endeskripsikapno lap embelajaran yangd iterapkand alams eluruhp enyajianm atap elajarano lehs eluruhg uru kelasl ll lll dalamm emanfaatkalinn gkungaanl ams ekitarP. ola pembelajarainn i adalahh asilm odifikasdi arip enelitianD ianA .Ry ang menghasilka3n2 jenisp olap embelalarayna ngo lehp enelitdi imodifikasi menjad1i 0j enisp olap embelajaradne ngank omponeinn struksional pesang uru a lat b ukup aket b ukup enunjangd an naras umberm etode ceramahd and iskusi m etoded ynamicg roup m etodes tructuredg roup prcblems olving m etodes imulasim etodec ases fudy m etodea cfion Ieamingm etoded emonsfraslia tard ane valuasi. Rancanganp enelitiany angd igunakana dalahr ancanganst udi kasusP. engambiladna tap adap enelitiainn iadalahd enganm elakukan kegiatano bservasiw awancarad an dokumentasAi.n alisish asilp enelitian yangd ipakaai dalaha nalisisp ersentase. Hasilp enelitianin i menunjukkabna hwap olap embelajarayna ng digunakadna lamp embelajaraunn tukm atap elajaranP PKn B ahasa IndonesiaB a hasaIn ggrisB ahasaA rab A gama P LKJ K TKd anl qro gurum enggunakapno lap embelajaran2 4 d6a n 10s edangkaunn tuk matap elajaranll muP engetahuaAnl amd an Matematikgau ru menggunakapno lap embelajara3n 8 dan9 dan untukm atap elajaran Outbondg urum enggunakapno lap embelajara7n d ant idaks atupung uru menggunakapno la1 dan5 . Sebagabi ahanp ertimbangabna gig uruS ekolahA lamC iganjur JakartaS elatand alamm eningkatkaknu alitasp emanfaatalnin gkungan alams ekitara dab eberapas arans ebagami asukana ntaral ain 1) membimbinsgi swad alamm elakukanb erbagapi ercobaany angd ilakukan dialam 2 ) memperhatikakno ndisifisiski swad alamp embelajara n3 ) kreativitagsu rup erlud itingkatkadna lamm enciptakaanl at-alakt hususnya tPAy angd iolahd aria lams ekitard an4 ) mengembangkapno la pembelajarainnk uirsi ecaras erentak.} }