@thesis{thesis, author={Mardhiyah Okvita Tri}, title ={Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa bidang geografi di SMA Negeri 10 Malang / Okvita Tri Mardhiyah}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99712/}, abstract={ABSTRAK Mardhiyah Okvita Tri. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi Geografi di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Yusuf Suharto. Kata kunci Motivasi belajar geografi siswa Teams Games Tournament Hasil observasi awal di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang menunjukkan motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang pada saat mengikuti pelajaran geografi sangat rendah yaitu diketahui bahwa pada saat pembelajaran siswa yang catatannya lengkap sebanyak 42 11% yang mendengarkan penjelasan guru dengan seksama 47 37% siswa yang tidak berbicara di luar konteks materi 28 95% yang bertanya hanya 13 16% dan yang mengerjakan tugas yang diberikan guru 60 53%. Apabila guru melontarkan pertanyaan hanya 18 42% yang berebut menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Geam Tournament (TGT). Pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam penelitian ini diterapkan pada materi kelas XI semester 1 pada indikator menghitung tingkat kelahiran kematian dan migrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus di mana setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang sebanyak 38 siswa. Motivasi siswa diukur dengan 4 indikator motivasi yaitu attention (perhatian) relevance (relevansi) convidence (percaya diri) dan satisfaction (kepuasan). Untuk mengukur motivasi siswa digunakan instrumen berupa angket dan lembar observasi. Angket motivasi siswa dianalisis menggunakan rumus persentase sedangkan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan rumus keberhasilan tindakan. Data mengenai motivasi belajar geografi siswa dalam penelitian ini dianalisis secara klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar geografi siswa dari sebelum setelah pelaksanaan siklus 1 dan setelah pelaksanaan siklus 2. Peningkatan motivasi belajar geografi siswa ini dilihat dari peningkatan persentase baik tiap deskriptor maupun indikator motivasi yang mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar geografi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang. Saran yang dapat kami berikan setelah melaksanakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yaitu (1) bagi guru geografi agar dapat menggunakan model pembelajaran TGT pada kompetensi lain untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (2) bagi sekolah agar dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di sekolah.} }