@thesis{thesis, author={Huda Hasbullah}, title ={Sikap siswa terhadap variasi penggunaan metode dan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar geografi kelas II di Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari oleh Hasbullah Huda}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99725/}, abstract={Penggunaamn etoded anm ediap embelajaragne ografid alamp rosesb elajar mengajamr enultut guruu ntuk semakinm eningkatkukn tnampuand iri terutama dalamm enentukanm etoded an mecliay ang tepit dan bervariasip adas etiapp roses belajamr engajabr erlangsungM. etodea anm ea ay ffigtepatgunat ersebust angat efektifm embantum enentukante rjadinyain teraksian6 ri tiu dengang u nuup antaras iswad engans iswal ain. Tujuan peneritiani ni adalah( a) untul rriengetahui Irytgde pembelajarany ang diterapkand alamp rosesb elajarm engajark elasI I di MadrasahA liyah Al-Maarif Singosari ( b) untuk mengetahumi Jdla pembela jaran yangd igunakand alamp rosesb elajarm engajark elasr idi Madrasahil iyah al- Maarifs ingosari ( c) untukm engetahuvi aiiisi metoded anm ediap embelalaran diterapkand alam prosesb elajar mengajark elasI I di MadrasahA liyah Al-Maarif Singosari. Populaspi enelitianin i adalahs iswak elasI I MadrasahA liyah Al-Maarif singosarsi ebanyak2 80 siswat erbagid aram7 kelas s edangkasna mpepl enelitian adalahk elasI I-l sebanyak3 4 siswad ank elasI I-3 sebanyak3 6 siswa.p enelitiani ni menggunakanry ncangal deskiptif dengant eknik pengambiland ata p enyebaran angk t terfutup kepada siswa sampel dan wawancara kipada zo slswa oiambil dan 2 kelass ampebl erbedam asing-masinkge lasr 0 siswa s ertaw awancarak epada2 orang guru bidang studi geografi. Hasil penelitianm enyimpulkanb ahwajenism etodep embelajarayna ngs enng lisunatan dalamp rosesb elajarm engajagr eografis emesterila dalafrc eramah diskusi t anyaja wab eksperimend ank aryaw isata.J enism ediap embelajarayna ng digunakan dalamp rosesb elajarm engaaj r adalah petanegara/petad aeiawglobe - gambars lide b ukut eks k liping makalah datah ajil p.n t-itiun s umberb elala. - orang r adio t ape t elevisi k omputer f ilm ataupunm ediay angt ersediad i lokasi wisata/pengamatalna ngsung.p enggunaanv ariasi metodep embelajarand an media yang digunakano leh guru.d isesuaikand enganm ateri pemLeraj aidi manag uru memadukanb eberapjae nis metode_pembeiajatr arnte ntud anm ediap embelajaran tertentup ula. contoh variasim etodep embelajarayna ngd igunakanm isalnyam etode ceramaht a nyaj awab d and emonstrassi i swam encatatm enjawabw rtanyaana tau fugasu ntuk meningkatkanp emahamannyad a patm embantus iswam emahammi ateri pelajaranP. emilihanm etoded anm ediap embelajarayna ngt epatd ans esuadi engan situasdi an kondisi siswa sertak elasa jar menuntutk emampuand ari guru dalam hal kesesuaiarkqe manfaatarLd an fungsi metoded an media pembelajarany ang digunakan padap rosesb elajarm engajar.} }