@thesis{thesis, author={Risnani }, title ={Pengaruh penggunaan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap perolehan belajar dan keberanian siswa mengungkapkan pendapat dalam pelajaran geografi kelas 1 di SMUN I Pamekasan oleh Risnani}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99732/}, abstract={Salah satu kesulitan yang dihadapi guru daram proses pembelajaran adalah mengaktifkan siswa yang tercermin dalam keberaniannya berpendapat. Dengan keaktifan tersebut siswa akan memperoleh dan menguasai maieri yang opti al. Dalamk elass endiri kemampuans iswa berbeda-bedau ntuk itu guru bltuntut untuk menerapkasnu atum etodep embelajarany ang tepat. Berdasarkanp ersoalant ersebut dalarn penelitian ini dicobakan pembelajaran lain yang dapat memanfaatkan kemampuaank ademiks isway angb erbeday aitu denganp oli pemberdayaaBne rpikir MelaluiP ertanyaa(nP BMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perolehan berajar dan keberanians iswa mengungkapkanp endapatd alam pelajaran geogmfi di SMUN I Pamekasadne nganp ola PBMP dengans isway ang diajar melalui metodec eramah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian elsperimen semu dengan desain penelifian Pre-tes - Pos-tes Randomized Gruop Design populasi penelitian ini adalalrs iswaS MUN I Pamekasant ahun ajaran 2002/2003.K elas kontrol dan kelas eksperimemn asing-masinbge rjumlah4 0 siswa.u ji prasyarata nalisisd ilakukan2 tahap yaiQ uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis untuk perolehabne lajard an keberanians iswa mengungkapkanp endapatd igunakanu ji beda rata-ratad enganu j i-t. Hasila nalisisd atap erolehanb elajard iperoleh u ntuk uji normalitasa dalahK - S ft K-Sa by aitu 0 819 1 63. Untuk uji homogenitasa dalahF nit Ftaby aitu 0 2301 79 1. Untuk uji beda ruta-ratat rut ttuu y atfi 2 785 2 00. Jadi hasil perhitunganH o ditolak dan Ha diterima yang berarti siswa yang diajar denganp ola PBMP memiliki perolehan belajar yang tinggi daripada metode ceramah. untuk keberanians iswa mengungkapkanp endapatd iperoleht r it tuuy aitu 6 51I 2 00. Jadi hasil perhitungan Ho di tolak dan Ha diterima yang berarti siswa yang diajar denganp ola PBMP memiliki keberaniany ang tinggi berpendapatd aripadam etode ceramah. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pola pBMp dapat meningtatkanp erolehanb elajar dan keberanians iswa mengungkapkapne ndapat. untuk ihl peneliti menyarankand alam menerapkanp ola di sekolah-sekolah danb agi guruy ang mempunyaki esulitanu ntuk mengaktifkans iswa dikelasp erlu mencoba polaPBMP.} }