@thesis{thesis, author={Umami Risah}, title ={Perbedaan penggunaan media peta dalam pembelajaran geografi terhadap prestasi belajar kelas II MAN I Kota Probolinggo oleh Risah Umami}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99763/}, abstract={Adanyak enampakaunm umd i kalangante nagap endidikank hususnyag uru geografid i sekolahy angm elakukanin teraksbi elajarm engajadr engan mengutamakakno munikasvi erbal( ceramah)G. urud i kelasj arangm enggunakan mediad anh anyam engajarkamn aterid enganc eramahd anm embirikanlugur-tugu padas iswap adahaml ediai tu pentingd alamp rosesb elajarm engajarA. gar materi pelajaran dapat terhansformasi secara bermakna pada siiwa mulu oip .tut an suatu media. salahs atuf ungsiu tamap emilihanm ediap embelajaraand alahs ebagaai lat lgJu lnengajary angt urut mempengaruhlii ngkunganb elajar yang ditata dan diciptakano lehg uru.M engingatp entingnyam ediap endidikans eorangg uru harus mampum emanfaaftanm edia pembelajaranp. enggunaanm edia petad alam pembelajaraGn eografsi angapt entingu ntukm eningkatkapnr estasbi elajarG eografi siswa m akad ilakukanlahp enelitiante ntangp enggunaamn ioia petao atam pembelajaraGn eografti erhadapp restasbi elajars iswa. Penelitianin i bertujuanu ntuk mengetahupi erbedaapne nggunaamn ediapeta dalamp embelajaraGn eografit erhadapp restasbi elijar sisrvak elalsll.M edia peta yangd igunakand alamp enelitianin i yaitu petad indingd an petay angd igambarp ada transparansdi engan berdasarkanp adaatlasd an pengajarannydae nganm enggunakan OHP. Penelitianin i dilakukand i MAN I Kota probolinggod engans ubyek penelitians iswak elasI I semesteIrI tahuna jaran2002/2ooy an[terairi dari dua kelasy aitu IIA danI IB. serelahd iundi makas ebagaki elase kspeiimeny aitu IIA dan IIB sebagaki elask ontrol.K elase ksperimend iberi pengajaramn ediap etay ang ditransparansikamne laluiO FIPd an kelask ontrolt anpam ediap etat ransparansi. Dalamp enelitianin i menggunakarna ncangane ksperimend engan.u rr urrgu. penelitiank elompoke ksperimehd enganp ascate s.A nalisish aiil penelitia nya ng dipakai adalah uji-t Berdasarkahna silp enelitianm akap enggunaamn ediap eta dalam pembelajaranG eografit erdapalp erbedaany ang signifikan teriradapp restasib elajar siswa.H al ini dapatd ilihat padah asilu ji-t untukh isil postesd iperoiehn ilai tnit sebesa2r 525d annilai1 66 21 045d enganta rafsignifikansi5 % (0 05)a tautaraf kepercayaa9n5 ohd and erajatk ebebasann- r (30-r 29). Hasil yangd iperolehd ari uji hipotesisnyaa dalaht 6 o-. 166.s1e hinggaF I6d itolak dengand emikiana da perbedaan prestasbi elajarp adak elase ksperimeny angd iberi pengaja.and enganm ediap eta yang ditransparansikamn elalui OHP lebih baik daripadak elask ontroly ang pengajaranta npam ediap etat ransparansi.} }