@thesis{thesis, author={Amrullah }, title ={Pengaruh latar belakang pendidikan formal guru geografi terhadap hasil belajar geografi siswaSLTP Negeri di Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan oleh Amrullah}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99775/}, abstract={Guru mempunyai peranan besar dalam upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya hasil belajar siswa. Guru dituntut untuk dapat meningkatkank ualitas hasil belajar siswa hal ini dimungkinkand engan latar belakangp endidikanf ormal guru yang lebih baik sehinggag uru lebih mempunyai kemampuand an kualitas sebagait enagap rofesionald alam bidangnya.B ertolak dari pernikiran tersebut pemmusan judul penelitian tentang pengaruh latar belakang pendidikan fonnal guru geografi dibatasi sebagai pengaruh dari faktor jenjangp endidikan s pesialisasbi idang studi dan pengalamanm engajart erhadap hasil belajar geografi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan formal guru geografi terhadap hasil belajar geografi siswa SLTP Negeri di Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah guru geografi serta siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Pelaihari KabupatenT anah Laut KalimantanS elatany ang be umlah sebanyak1 74 orang yang terdiri atas 6 orang guru dan 168 siswa dari 6 SLTP Negeri yang dipilih secara Purposive Sarnpling (subyek siswa). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adaltrh dcngan pcdoman dokunrcntasi.T eknik analisis yang digunakana dalahd engand ummyr egression. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa l) ada pengaruh signifikan jenjang pendidikan terhadap hasil belajar 2) tidak ada penganrh signifikan spesialisasr bidang studi terhadap hasil belajar 3) ada pengaruh signifikan pengalaman rnengajart erhadaph asil belajar. Variabel yang paling berpengaruhd alam latar belakang pendidikan formal guru geografi terhadap hasil belajar Geografi siswa SLTP Negerid i Kota PelaihariK abupatenT anahL aut KalimantanS elatana dalah jenjangp endidikan.S umbanganm urni keseluruhante rhadaph asil belajarg eografi siswaa dalahs ebesa2r 2 200% .} }