@thesis{thesis, author={Khumaidi Nu'man}, title ={Pengaruh pengintegrasian nilai-nilai agama padasub pokok bahasan keanekaan flora dan fauna terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas I MAN Malang I oleh Nu'man Khumaidi}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99788/}, abstract={Madrasah Aliyah adalah sekolah menengah umum yang berciri khas agama Islam Ciri khas itu ditunjukkan dengan keberadaan mata pelajaran berdimensi agama yaitu Qur an-haditsa qidah-ctkhlaqf i kih BahasaA rab dan sejarahk ebudayaanIs larn dalam kurikulum. Keberadaan ke-4 mata pelajaran tersebut tentunya mengurangi alokasir vaktuu ntuk mata pelajaranu mum. Padahals esuaid engant argetk urikulum siswa Madrasah Aliyah dituntut untuk menguasai dan berprestasi yang sama dengan siswa SMA. Akibatnya beban yang ditanggung oleh siswa Madrasah Aliyah lebih berat. Hal ini ditambah dengan rata-rata input siswa MA yang lebih rendah dari pada lnput SMA. Sehinggap restasbi elajarm atap elajaranu mum siswaM adrasahA liyah rata-rata lebih rendah dibandingkan dengan siswa SMA. Penelitian ini bertujuan mencari format terbaik pembelajaran geografi di Madrasah Aliyah dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai agama yang tercantum dalamA l-Qur an dan Hadits ke dalam materip embelajarang eografi.S ebagasi alah satu inovasi pembelajaran geografi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhp engintegrasiann ilai-nilai agamad alam pembelajarang eografi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptifkuantitatifdengan subyek penelitian sisrvak elasI MadrasahA liyah Negeri Malang tahun pelajaran2 0021200.3 D ata penelitian diperoleh melalui pemberian tes awal dan tes akhir serta wawancara tertulis. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian dianalisis dengan uji homogenitas u ji kesamaanr ala-rata u ji F uji nonnalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa denganp engintegrasiann ilai-nilai agama pada sub pokok bahasan keanekaan flora dan fauna pada kelas I MAN Malang I ada peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar geografi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t terhadap nilai tes akhir dan gain siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menghasilkan t hitung sebesar 4 805 untuk nilai tes akhir serta 3 694 untuk gain. Nilai t hitung tersebut lebih besar dari pada hargat tabel( 0 99X34)y aitu sebesa2r 704.} }