@thesis{thesis, author={Hidayat Dwi Putra Deddy}, title ={Penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan menggunakan media foto untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di SMAN 1 Sampang / Dwi Putra Deddy Hidayat}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/99815/}, abstract={Kata kunci Kerja Kelompok Media foto Hasil belajar. Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Sampang adalah ceramah penugasan dan diskusi. Pada pengamatan tersebut ditemukan berbagai permasalahan yaitu (1) siswa kurang tertarik pada pembelajaran (2) siswa masih kurang berani bertanya kepada guru (3) siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran (4) guru mengajar tanpa dilengkapi media pembelajaran khususnya media foto. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan sebesar 55% dan rata-rata kelasnya sebesar 70.68. Jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk mata pelajaran Geografi sebesar 75. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan senang terhadap pembelajaran. Penerapan pembelajaran geografi kerja kelompok dengan menggunakan media foto salah satu pembelajaran yang dapat digunakan supaya siswa tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kerja kelompok dengan menggunakan media foto. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Desember 2009 Januari 2010. Subjek penelitian siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus teknik pengumpulan data melalui tes dan data dianalisis dengan menggunakan tabel persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 70.68 pada siklus 1 meningkat menjadi 74.70 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80.51. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yaitu pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 55% siklus 1 sebesar 70% dan pada siklus 2 menjadi 90%. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan menggunakan media foto dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan menggunakan media foto dalam pembelajaran dapat (a) meningkatkan hasil belajar (b) menarik perhatian siswa (c) memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru (d) membangkitkan semangat belajar siswa sehingga mereka lebih tertarik untuk giat belajar supaya memperoleh hasil belajar yang lebih baik.} }