@thesis{thesis, author={Dewi Ditya Ayu Kusuma}, title ={Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada topik memahami hubungan manusia dengan bumi di kelas IX F SMP Negeri 2 Malang / Ditya Ayu Kusuma Dewi}, year={2012}, url={http://repository.um.ac.id/99880/}, abstract={Kata Kunci Model Teams Games Tournament Keaktifan belajar siswa Hasil Belajar Siswa Perubahan kurikulum menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kreativitas kemandirian kerja sama solidaritas kepemimpinan empati toleransi dan kecakapan hidup peserta didik yang pada gilirannya dapat membentuk watak serta meningkatkan peradaban dan martabat bangsa. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar yang optimal guru harus dapat memilih model pembelajaran yang tepat. Dengan adanya model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan materi pembelajaran dan karakteristik siswa maka siswa akan memperoleh pengalaman belajar yang berkualitas. Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa SMP Negeri 2 Malang pada bulan November 2011 diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru sehingga siswa cenderung pasif dan juga hasil belajar siswa yang masih rendah. Berdasarkan observasi tersebut hanya 12 siswa dari 37 siswa yang telah mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Hasil perhitungan dari data yang diperoleh ketuntasan klasikal kelas IX F diperoleh sebesar 32 43%. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Malang pada pembelajaran IPS Pada Topik Memahami Hubungan Manusia Dengan Bumi dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan siswa dan soal tes. Data yang diperoleh akan dibandingkan dari observasi awal Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Keaktifan klasikal pada siklus I mencapai 71 53 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85 59 % sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67 56 % pada siklus II meningkat menjadi 83 78 %. Begitu pula rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I 70 73 meningkat menjadi 76 36 pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Malang. Saran kepada guru IPS di SMP Negeri 2 Malang agar menggunakan model pembelajaran TGT untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas serta hasil belajar siswa.} }