@thesis{thesis, author={Nuriyah Siti}, title ={Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPS MAN 3 Malang / Siti Nuriyah}, year={2016}, url={http://repository.um.ac.id/99935/}, abstract={ABSTRAK Nuriyah Siti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS MAN 3 Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang M.Si (II) Syamsul Bachri S.Si M.Sc Ph.D. Kata Kunci Discovery Learning hasil belajar Tuntutan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Discovery Learning dipilih sebagai model karena dengan pendekatan saintifik meningkatkan proses berpikir memecahkan masalah berorientasi pada siswa menyenangkan dan kaya sumber belajar.Tujuan penelitianini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar (kognitif afektif keterampilan) peserta didik kelas X MAN 3 Malang. Metode penelitian menggunakaneksperimen semu dengan one group time series designmelalui versi eksperimen semu pretes-postes kelompok tunggal materi ekuialen dengan menggunakan teknik purpossive sampling pada kelas X IPS 1 MAN 3 Malang. Instrumen berupa tes objektif diuji coba berdasarkan validitas realibilitas tingkat kesukaran dan daya beda. Instrumen afektif menggunakan lembar observasi dan instrumen keterampilan melalui Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan judgment validity. Sedangkan uji hipotesis menggunakan paired t-test dan perbandingan Mean nilaihasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diketahui uji hipotesis nilai kognitif afektif dan keterampilan secara urut sebesar 0 005 0 002 dan 0 004. Mean nilai kognitif afektif dan keterampilan kelompok kontrol secara berurutan adalah 72 04 69 40 dan 72 92. Sedangkan untuk kelompok eksperimen sebesar 78 70 75 14 dan 80 11. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan terjadi peningkatan hasil belajar dari perlakuan I hingga II. Hal ini menunjukkanada pengaruh Discovery Learning terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPS MAN 3 Malang. Saran yang perlu diperhatikan saat menerapkan model ini adalah menyusun RPP dengan memperhatikan waktu dan kondisi atau jadwal sekolah membuat permasalahan kontekstual yang tidak terlalu sulit untuk menyesuaikan waktu menggunakan media pada kegiatan stimulationuntuk mengidentifikasi masalah kontekstual dan menggunakan alat bantu untuk analisis data seperti Ms. Excel serta desain penelitian time series yang membutuhkan waktu lama perlu kesiapan peneliti dan perencanaan yang matang. } }