@thesis{thesis, author={Margolang Khairul Umri}, title ={Analisis Manajemen Strategis Peningkatan Mutu Pendidikan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidempuan}, year={2019}, url={}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen strategis sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di IAIN Padangsidimpuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan latar alamiah sebagai sumber datanya. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan agar sesuai dengan fokus masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian, maka digunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Temuan penelitian menginformasikan, yaitu: 1) Perencanaan peningkatan mutu pendidikan dengan meminta perencanaan per unit dan dibawa ke Rapat Kerja Tahunan. Perencanaan yang dilakukan adalah penetapan rencana peningkatan mutu pendidikan seperti: perencanaan seminar, workshop, pelatihan, penelitian, baik bagi dosen maupun mahasiswa, pembuatan jumal fitrah, mendatangkan dosen ahli, mengikuti seminar di instansi lain, merencanakan pengadaan sarana dan prasarana, pemberian beasiswa, penentuan lokasi KKL, lokasi PPL, program desa binaan. Orang-orang yang terlibat dalam perencanaan adalah seluruh unsur pimpinan yang ada di IAIN Padangsidimpuan, Pegawai dan Dosen. 2) Pengorganisasian peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan dengan cara pembagian tugas sesuai dengan bidang keahlian masing-masing unit pengelola. 3) Pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan dilakukan selain melakukan koordinasi antara unsur pimpinan dengan pegawai/ dosen dan mahasiswa juga dengan melaksanakan workshop, seminar, pelatihan, penerbitan jurnal, penelitian, sertifikasi dosen, pembukaan jurusan baru, peningkatan akreditasi jurusan, program desa binaan serta peningkatan sarana prasarana 4) Pengawasan peningkatan mutu pendidikan dilakukan secara rutin untuk memantau sejauhmana pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan telah berjalan. Pengevaluasian peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menilai kinerja yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga diketahui apa saja hambatan yang dihadapi dan bagaimana cara penyelesaiannya.} }