@thesis{thesis, author={Mawardi Khaerani}, title ={EFEKTIVITAS BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (Studi Di Kota Makassar)}, year={2018}, url={http://repository.umi.ac.id/152/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) dalam penyelesaian sengketa konsumen, serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum empiris. Penelitian bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik studi pustaka dan teknik wawancara. Keseluruhan data yang terkumpul baik dari data primer maupun data sekunder, diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif . Efektivitas badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) dalam penyelesaian sengketa konsumen Kota Makassar kurang efektif karena belum berjalan sebagaimana mestinya. Faktor-faktor yang menghambat proses pelaksanaan penyelesaian sengketa konsumen adalah hukum itu sendiri, penegak hukum, sarana dan prasarana, masyarakat dan pendidikan. Pentingnya sosialisasi secara berkala baik itu secara langsung maupun melalui media elektronik, media cetak atau media sosial secara berkala oleh BPSK Kota Makassar karena mengingat masih banyaknya para pihak baik itu pelaku usaha ataupun konsumen yang bersengketa masih enggan menggunakan BPSK sebagai jalur penyelesaian sengketanya. Pemerintah juga hendaknya memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) pada Sekretariat BPSK Kota Makassar mengingat tugas-tugas BPSK yang begitu luas.} }