@thesis{thesis, author={Rizal S Muh}, title ={Kajian Karakteristik Pergerakan Arus Lalu Lintas Dan Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jl. Basuki Rahmat – Jl. Sungai Maruni Kota Sorong Papua Barat)}, year={2022}, url={http://repository.umi.ac.id/2064/}, abstract={Simpang Tiga Bersinyal Jl. Basuki Rahmat-Jl. Sungai Maruni KM.10 adalah salah satu titik persimpangan yang mempunyai peranan besar dikota sorong. Keberadaaan persimpangan harus dikelola dengan cermat sehingga didapatkan suatu simpang yang baik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI-1997). Berdarkan hasil survey lapangan dan perhitungan waktu siklus yang ada pada saat ini sudah tidak memenuhi syarat yang ditentukan sehingga perlu dilakukan rekayasa perbaikan waktu siklus untuk mendapatkan kinerja simpang yang maksimal. Untuk perhitungan kinerja simpang untuk kondisi simpang pada keadaan eksisting, Hasil perhitungan di dapat jumlah arus total pada jam puncak 3214 smp/jam dan nilai tundaan simpang (D) = 38,90 dengan tingkat pelayanan D. Pada pendekat Timur (Jl. Basuki Rahmat) dengan jumlah arus kendaraan 1035 smp/jam memperoleh nilai tundaan (D) = 51,24 dtk/smp dengan tingkat pelayanan E. Pada pendekat Barat (Jl. Basuki Rahmat) dengan jumlah arus total 1328 smp/jam memperoleh nilai tundaan (D) = 40,26 dtk/smp. Dengan tingkat pelayanan dengan nilai E. Pada pendekat Utara (Jl. Sungai Maruni) dengan jumlah arus total 851 smp/jam memperoleh nilai tundaan (D) = 21,77 dtk/smp. Sehingga didapatkan tingkat pelayanan dengan nilai E} }