@thesis{thesis, author={SENJA ANGGUN REGITA CAHYANI}, title ={HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN COMPLAINT HANDLING DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS TURI LAMONGAN}, year={2020}, url={http://repository.umla.ac.id/1091/}, abstract={ABSTRAK Cahyani, Senja Anggun Regita. 2020. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Complaint Handling dalam Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Turi Lamongan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Suratmi, S. Kep., Ns., M. Kep, (2) Nurul Hikmatul Qowi, S.Kep., Ns., M. Kep. Perilaku caring perawat dan ketanggapan penanganan keluhan sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan disebuah pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan complaint handling dalam pelayanan keperawatan di Puskesmas Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional, dengan desain analitik korelasional, dengan menggunakan teknik consecutive sampling didapatkan 37 responden. Variabel independen adalah perilaku caring perawat dan variabel dependen adalah complaint handling. Instrumen perilaku caring menggunakan kuesioner tertutup, complaint handling menggunakan kuesioner tertutup. Penelitian didapatkan hasil hampir sebagian perilaku caring perawat cukup sebanyak 17 orang (45,9%) dan hampir sebagian complaint handling cukup sebanyak 18 orang (48,6%) penelitian ini menggunakan program SPSS 16.0 For Windows menggunakan uji Spearmen Rank dengan nilai α=0,05 diperoleh nilai p= 0,000 artinya ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan complaint handling dalam pelayanan keperawatan di Puskesmas Turi Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pelayanan kesehatan lebih memprioritaskan kulaitas pelayanan yaitu dengan memperbaiki perilaku caring perawat dan complaint handling sehingga tidak terjadi keluhan yang berulang. Kata Kunci: Perilaku Caring, Complaint Handling, Pelayanan Keperawatan.} }