@thesis{thesis, author={NISWATUL LATIFAH}, title ={PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI IUD PADA WUS DI DESA MENGANTI KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN}, year={2020}, url={http://repository.umla.ac.id/1130/}, abstract={PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI IUD PADA WUS DI DESA MENGANTI KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2020 Niswatul Latifah*, Heny Ekawati**, Abdul Rokhman*** Introduction : Selama ini penggunaan kontrasepsi IUD pada wanita usia subur masih sangat rendah disebabkan kurangnya informasi tentang IUD. Pendidikan kesehatan metode peer group merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan. Masalah : Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group terhadap Pengetahuan tentang Kontrasepsi IUD pada WUS. Rancangan : Desain penelitian yakni quasi experimental dengan pendekatan non equivalent control group. Populasi 118 wanita usia subur, sampel diambil 66 wanita usia subur dan dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan dan kontrol yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner google form dan Uji Wilcoxon dan Uji Mann U Whitney. Analisis : Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan peer group pada kelompok perlakuan nilai Sig. p = 0,000. Pada kelompok kontrol dengan menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai Sig. p = 0,014. Sedangkan dengan uji Mann U Whitney yang membandingkan kelompok perlakuan dan kontrol didapatkan nilai Sig. p = 0,000 dimana p < 0,05 maka terdapat pengaruh pendidikan kesehatan metode peer group terhadap pengetahuan tentang kontrasepsi IUD pada WUS di Desa Menganti Kecamatan Glagah Tahun 2020. Diskusi : Berdasarkan penelitian diatas maka metode peer group menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan pengetahuan. Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Metode Peer Group, Pengetahuan, Kontrasepsi IUD} }