@thesis{thesis, author={Asmorosari Fitria}, title ={PENGARUH EDUKASI AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM PENANGANAN ANAK TEMPER TANTRUM USIA PRASEKOLAH DI TK PUTRA HARAPAN DESA KEPOH KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO}, year={2023}, url={http://repository.umla.ac.id/3789/}, abstract={Anak dengan temper tantrum akan menunjukkan reaksi yang diluar kendali anak seperti menjerit, berguling dan berteriak sehingga timbul dampak perkembangan intelektual dan sosial anak kurang seimbang dan anak menjadikan tantrum sebagai senjata agar keinginannya terpenuhi. Kurangnya pengetahuan ibu dalam menangani anak temper tantrum berdampak buruk pada anak sehingga dibutuhkan pengetahuan mengenai penanganan temper tantrum. Edukasi menggunakan audiovisual efektif dalam meningkatkan pengetahuan karena menarik, tidak membosankan, mudah dibawa kemana-mana. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh edukasi audiovisual terhadap perilaku ibu dalam penanganan anak temper tantrum usia prasekolah. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest yang dilakukan kepada 34 ibu-ibu yang diambil menggunakan teknik Total Sampling pada bulan Mei 2023. Intervensi yang diberikan berupa pemutaran video edukasi tentang penanganan temper tantrum. Data penelitian diambil dengan kuesioner pengetahuan temper tantrum, kemudian dianalisis menggunakan uji Paired T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada pengetahuan ibu-ibu tentang penanganan temper tantrum sesudah diberikan metode edukasi audio visual (p=0,000). Edukasi audio visual dapat meningkatkan pengetahuan seseorang karena materi yang disampaikan dapat diterima melalui indra penglihatan dan pendengaran. Disarankan masyarakat dapa memperkaya informasi tentang penanganan temper tantrum, dan untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti aspek lain ataupun menggunakan metode yang berbeda. Kata Kunci: Metode Audio Visual, Pengetahuan, Temper Tantrum} }