@thesis{thesis, author={ROSITA ROSITA}, title ={IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT AL-FAJAR MATARAM}, year={2024}, url={http://repository.ummat.ac.id/10040/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kurikulum Merdeka belajar serta untuk menggambarkan implikasi dari kurikulum Merdeka terhadap minat belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yang menjelaskan suatu fakta, data, dan objek penelitian secara sistematis dan sesuai dengan situasi alamiah terkait hal yang di teliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SDIT Al-fajar yakni dengan Menyusun rencana pembelajaran yang fleksibilitas dan menyesuaikan kebutuhan siswa, menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang menarik dan relavan seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif dan penggunaan teknologi. Kemudian kurikulum merdeka dapat memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa, seperti mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa untuk berani mengeluarkan pendapat dalam berdiskusi, berani bertanya, serta memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, untuk meningkatkan minat belajar siswa demi mendapatkan hasil yang dinginkan, guru harus memiliki kemampuan dari dalam dirinya sendiri untuk membimbing siswa ke arah lebih baik dengan penuh rasa tanggung jawab.} }