@thesis{thesis, author={MUNAWIR MUNAWIR}, title ={Pengembangan Alat Peraga Papan Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Cahaya pada Kelas VIII SMPN 2 labuapi}, year={2020}, url={http://repository.ummat.ac.id/1014/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan Alat Peraga pembelajaran papan optik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok cahaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development ( R & D) yang dikembangkan Borg & Gall dengan langkah-langkah : (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perancangan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan operasional (7) revisi produk akhir, (8), diseminasi dan implementasi. Alat peraga pembelajaran ini telah melalui tahap validasi dengan persentase ketercapaian sebesar 91% menurut ahli I, 78 % menurut ahli II, dan 88% menurut guru fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi sebanyak 25 respoden. Data pemahaman konsep siswa diperoleh menggunakan instrumen soal esay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunkan alat peraga yaitu sebesar 55,5 dan setelah menggunkan alat peraga nilai rata rata siswa menjadi 86,1, besar nilai n-gain diperoleh 0,62 termasuk dalam kriteria sedang dan diperoleh 21,935 dan lebih besar dari dengan taraf signifikan 0,05. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa diperoleh 68,%.Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi. Kata kunci: pengembangan alat peraga, papan optik, pemahaman konsep} }