@thesis{thesis, author={MUJAHIDIN MUJAHIDIN}, title ={PENGARUH RUMBLE STRIPS TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PADA RUAS JALAN SANDUBAYA SWETA INDAH (STUDY KASUS JALAN.SANDUBAYA KOTA MATARAM)}, year={2020}, url={http://repository.ummat.ac.id/1029/}, abstract={Abstrak Ruas jalan Sandubaya Sweta indah merupakan ruas jalan dengan volume lalu lintas yang cukup tinggi. Pada tahun-tahun mendatang volume lalu lintas yang akan melewati ruas jalan ini akan semakin meningkat, mengingat ruas jalan ini merupakan jalan nasional yaitu jalan yang menghubungkan jalan antar ibukota provinsi, dan jalan strategis nasional. Jalan Sandubaya Sweta indah merupakan jalan dengan tipe jalan 2 lajur 2 arah dengan panjang +3.00 meter dan lebar +10 meter. Pada ruas jalan ini, memiliki jarak pandangan yang pendek karena adanya obyek-obyek penghalang. Hal tersebut menyebabkan pada lokasi ini berpeluang terjadinyakecelakaan. Di samping itu, jalan Sandubaya ini termasuk tipe jalan yang sangat padat akan kendaraan, oleh karenanya banyak komentar yang muncul tentang fungsi dan tujuan diadakannya rumble strips. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dari Rumble Strips terhadap tingkat pelayana diruas jalan sandubaya Kota Mataram. Manfaat penelitian ini dapat dijadikan acuan atau refrensi dalam mengambil kebijakan oleh instansi terkait dalam rangka penanganan ruas jalan terutama dari sisi keamanan pengguna jalan dalam berkendara. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan Lalulintas harian rata-rata (LHR) yang mengacu terhadap acuan Bina Marga2010 revisi3, SNI Rumble Strips. Penelitian ini dilakukan sekitaran Rumble Strips jalan Sandubaya Kota Mataram. Hasil penelitian berupa model tingkat pelayanan jalan akibat adanya Rumble Strips, Rumble Strips sangat efektif dalam menurunkan Kecepatan Kendaraan disisi lain pengguna jalan Sandubaya Kota Mataram memberikan kesan yang baik dengan adanya Rumble Strips. Kata Kunci : Rumble strips, tingkat pelayanan jalan} }