@thesis{thesis, author={JUSNAINI JUSNAINI}, title ={ANALISA PENGARUH JARAK U-Turn TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS DI JALAN MAJAPAHIT, KEKALIK, KOTA MATARAM)}, year={2020}, url={http://repository.ummat.ac.id/1039/}, abstract={Ruasjalan Majapahit, Kekalik, di Kota Mataram Provinsi Nusa tenggara Barat (NTB), merupakan jalan arteri dengan volume lalulintas yang relative tinggi. Dari masing – masing ruas jalan tersebut telah dilengkapi dengan median beserta bukaan median untuk mengakomodir gerakan U-Turn. Penelitian ini mempelajari tundaan bagi kendaraan yang akan melakukanu-turn dibukaan median dan yang tidak melakukanu-turn. Lokasi yang diamati pada ruasjalan 4/2 D, yaitu bukaan median Jln.Majapahit, depan Taman Budaya kota Mataram, di seberang Pom Bensin Majapahit, Kota Mataram. Dari hasil perhitungan maka di simpulkan untuk volume terbesar terjadi pada hari Senin di jam 07.00-08.00 sebesar (5952kendaraan),kecepatan kendaraan HV = 10-25 km/jam, untuk kendaraan LV = 15-25 km/jam, sedangkan untuk kendaraan MC = 15-25 km/jam, dengan antrian 23 meter, dengan tingkat pelayanan jalannya C. Kata Kunci : U-Turn, Volume Kendaraan, Kecepatan, Antrian, Tingkat Pelayanan} }