@thesis{thesis, author={KARIADI TOHIR}, title ={KAJIAN PENEMPATAN U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN PRAYA.}, year={2020}, url={http://repository.ummat.ac.id/1042/}, abstract={ABSTRAK Usaha untuk meminimalisir permasalahan Lalu Lintas, khususnya terhadap keamanan dan kenyamanan pada ruas jalan dapat dilakukan dengan pembuatan median. Median sebagai bagian dari geometrik jalan adalah suatu pemisahan fisik jalur lalu lintas yang berfungsi untuk menghilangkan konflik lalu lintas dari arah yang berlawanan, sehingga pada gilirannya akan meningkatkan keselamatan lalu lintas. Rumusan masalahnya adalah Berapa besar volume lalu lintas yang akan terjadi pada ruas jalan tersebut dengan fasilitas putar balik arah, menganalisa waktu tempuh rata – rata kendaraan saat melakukan U-Turn, Bagaimana tingkat pelayanan pada ruas jalan Jendral Sudirman Praya.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui berapa besar volume lalu lintas pada ruas jalan jendral sudirman tersebut, untuk mengetahui kecepatan rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn dan mengetahui bagaimana tingkat pelayanan jalan di ruas jalan jendral sudirman praya. Metode yang digunakan dalam menganalisa data yang telah dikumpulkan pada peneltian tersebut adalah Dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997, untuk menghitung kapasitas dan kinerja ruas Jalan jendral sudirman tersebut. Dari hasil penelitian menggunakan metode manual kapasitas jalan Indonesia (MKJI) besar volume lalu lintas tertinggi yang didapatkan sebesar 1972 dan kecepatan rata-ratanya 8,92. Secara keseluruhan kinerja ruas jalan jendral sudirman adalah B ( Dalam zona arus stabil. Kecepatan dibatasi oleh lalu).Jadi penempatan u-turn pada saat ini masih epektif. Kata kunci : U-Turn, Kecepatan,Tingkat Pelayanan.} }