@thesis{thesis, author={MUHAMMAD RIZAL FAHMI}, title ={PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU HONORER DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR}, year={2020}, url={http://repository.ummat.ac.id/1047/}, abstract={Guru merupakan faktor kunci mutu pendidikan dan kemajuan sebuah bangsa. Negara yang kurang memperhatikan tenaga pendidiknya akan sulit majukarena kualitas generasi penerus di tentukan oleh guru. Masalah kesejateraan guru menyebabkan profesi keguruan mulai dianggap oleh sebagian guru hanya sebagai profesi sampingan dan pada faktanya sudah mulai banyak guru yang mulai beralih profesi misal nya menjadi pembisnis, Tukang ojek online dan Menjadi petani. Akibatnya membuat sebagian guru kinerja nya mulai menurun karena sudah tidak terlau menekuni profesinya sebagi guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ” Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Honorer Dalam Proses Belajar Mengajar”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang di gunakan adalah wawancara terstruktur, dan tidak terstruktur. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam subyek penelitian yaitu menggunakan purposive sampling dan Snowball sampling.Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru honorer dalam proses belajar mengajar di SMPN 2 Narmada ataralain meberi motivasi, melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, memberi nasehat dan teguran sesuai prosedur yang berlaku, memperjuangkan nasib guru honorer, memberikan bimbingan, dan selalu melibatkan guru honor dalam kegiatan penting serta menyediakan sarana untuk kegiatan belajar mengajar. Kata kunci: Kepala Sekolah, Kinerja, Guru Honorer, Belajar Mengajar} }