@thesis{thesis, author={MULTIANA WARNI}, title ={PERANAN PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH PENSIUNAN DI PT BANK RAKYAT INDONESIA KCP UNIT AMPENAN (PERSERO)}, year={2024}, url={http://repository.ummat.ac.id/9776/}, abstract={Tujuan Penelitiana ini adalah (1) untuk Untuk mengetahui peranan dan sistem pelayanan customer service dalam mempertahankan loyalitas nasabah pensiunan pada Bank Rakyat Indonesia KCP Unit Ampenan. (2) Untuk mengetahui kualitas pelayanan customer service berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pensiunan, kepuasan nasabah dan kepercayaan nasabah pensiunan pada Bank Rakyat Indonesia KCP Unit Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. sumber data yang digunakan (1) Data primer (2) Data skunder melalui tehnik pengumpulan data (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Kesimpulan. Peranan dan sistem pelayanan customer service memberikan pelayanan dan membina hubungan baik dengan masyarakat. Dengan berbagai tata cara untuk memberikan layanan kepada para nasabah. Customer service bank dalam melayani nasabah selalu berusaha menarik dengan cara meyakinkan para calon nasabah. Kualitas pelayanan customer service dalam berpengaruh terhadap loyalitas, kepuasan dan kepercayaan nasabah adalah customer service menyampaikan produk hasilnya sesuai yang di harapkan nasabah begitupun sebaliknya jika produk atau jasa tidak sesuai dengan kenginan nasabah maka kepeercayaan dari nasabah akan berkurang. Loyal nasabah yaitu komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali, atau melakukan pembelian ulang produk/jasa terpilih secara konsisten di masa yang akan datang.} }