@thesis{thesis, author={ERA FAZIRAH}, title ={PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 15 MATARAM}, year={2024}, url={http://repository.ummat.ac.id/9875/}, abstract={Penggunaan pendekatan saintific ini dapat tercipta aktivitas belajar siswa dengan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 15 Mataram. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian quasi eksperimental designe dengan pendekatan kuantitatif dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan kelas V SDN 15 Mataram yang terdiri dari dua kelas yaitu 20 siswa kelas kontrol 20 siswa kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah obervasi, angket dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung? t_tabel (5.218 ? 2,024), dan nilai sig ? 0,05 (0.000 ? 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesa (Ha) yang berbunyi bahwa ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V melalui pendekatan scientific dalam mata pelajaran IPAS di SDN 15 Mataram, dinyatakan diterima.} }