@thesis{thesis, author={INDRIANI INDRIANI}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERITA KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN 2023}, year={2024}, url={http://repository.ummat.ac.id/9881/}, abstract={Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca cerita siswa kelas IV SDN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian yaitu eksperimen dengan design jenis one-group pretest-posttest design (satu kelompok presttes-posttes)dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan kelas IV SDN 15 Mataram yang yaitu 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, test pernyataan pengamatan rubrik dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu uji validitas, uji rehabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung? t_tabel (3.321? 2,000), dan nilai sig ? 0,05 (0.001 ? 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesis (Ha) yang berbunyi bahwa ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 15 Mataram dinyatakan diterima.} }