@thesis{thesis, author={Bahrum Kartini}, title ={HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DUKUNGAN GURU DAN KONSEP DIRI SISWA DI SMP NEGERI 8 PALOPO}, year={2020}, url={http://repository.umpalopo.ac.id/667/}, abstract={Konsep diri terlihat mempunyai dimensi yang berkaitan dengan kecerdasan emosi dan dukungan guru. Kemampuan seseorang untuk dirinya, seperti apa dirinya, bagaimana dirinya sehingga dapat menguasai atau mengendalikan termasuk mengerti pada saat emosinya muncul dan siswa memerlukan dukungan dari guru dalam membangun dan mengembangkan konsep diri yang positif serta dukungan guru berperan penting untuk keberhasilan siswa dalam berperilaku dan berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi, dukungan guru terhadap konsep diri siswa SMP Negeri 8 Palopo. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosi (X1) dan dukungan guru (X2) sebagai variabel bebas dan konsep diri (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 281, adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosi dan konsep diri siswa yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung kecerdasan emosi > t-tabel (5,262 > 1,662). Demikian pula dukungan guru memiliki hubungan signifikan terhadap konsep diri siswa yang ditunjukan nilai t-hitung dukungan guru > t-tabel (6,865 > 1,662),Serta kecerdasan emosi dan dukungan guru secara bersama-sama mempengaruhi konsep diri siswa. Kata kunci: kecerdasan emosi, dukungan guru, konsep diri} }