@thesis{thesis, author={Fermina Fermina}, title ={Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam}, year={2021}, url={http://repository.umpr.ac.id/38/}, abstract={Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah salah satu mata pelajaran yang penting. Melalui pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment pada mata pelajaran SKI di kelas VII diharapkan peserta didik dapat menyenangi dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Muhammadiyah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Muhammadiyah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, dan 3) Apa manfaat setelah pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Muhammadiyah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan 3 (tiga) teknik yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Muhammadiyah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan yaitu 1) Bentuk pelaksanaan pembelajaran edutainment terdiri dari pengaturan bangku, pemberian aroma terapi, pengaturan tanaman dan tumbuh-tumbuhan, juga alat bantu pendidikan, 2) Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment, apresiasi guru SKI kelas VII dalam mempraktekan pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment, semangat peserta didik yang aktif, dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment tersebut. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment ini yaitu kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran karena pertama pelaksananaan pembelajaran dengan metode edutainment ini termasuk hal baru bagi pihak sekolah MTs Muhammadiyah Kasongan maupun guru-guru selaku pendidik dan kedua guru yang memegang mata pelajaran SKI di kelas VII bukanlah pada bidangnya, 3) Manfaat dari pelaksanaan pembelajaran dengan metode edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Muhammadiyah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan berdampak positif, itu terlihat dari bertambahnya semangat dan pemahaman berlajar peserta didik, mendapat apresiasi dari guru SKI kelas VII sendiri, dan dukungan dari pihak sekolah MTs Muhammadiyah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.} }