@thesis{thesis, author={Humaidi Nur Irwan}, title ={HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs AVICENNA SUNAN BONANG KABUPATEN TANGERANG}, year={2020}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/385/}, abstract={Efektifitas dan efisiensi belajar dan pembelajaran siswa di sekolah sangat bergantung kepada peran guru. Kunci yang harus dimiliki oleh setiap guru adalah kompetensi sosial yang artinya seorang guru harus menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan murid-muridnya maupun dengan sesama teman guru, kepala sekolah bahkan dengan masyarakat luas. Permasalahan yang sering terjadi di dalam proses pembelajaran ini adalah masih banyaknya guru-guru yang melakukan bentuk interaksi belajar mengajar berjalan secara searah di sekolah. Kondisi yang demikian, menjadikan proses pembelajaran tidak proporsional, akibatnya guru sangat aktif dan siswa menjadi pasif dan tidak kreatif. Guru haruslah mampu membangkitkan minat belajar siswanya melalui interaksi edukatif dalam proses pembelajaran. Minat sangat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan siswa maka siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya karena tidak adanya daya tarik baginya. Maka dari itu dalam penelitian ini peneliti ingin mngetahui Hubungan Antara Interaksi Edukatif Guru dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak . Tujuan penilitian ini adalah Untuk mengetahui interaksi edukatif guru dengan siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, Untuk mengetahui hubungan interaksi edukatif guru dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional, teknik pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan kuisioner (angket). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai r_xy = 0,516, kemudian dikonsultasikan dengan r product moment dengan N = 60 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,254, sehingga r_xy = 0,516 > r_tabel = 0,254. Demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Minat Belajar} }