@thesis{thesis, author={WAHIDATUL ROMDIYANY JELAVIANTIE}, title ={ANALISIS SEQUENTIAL EXPLORATORY HUBUNGAN POLA ASUH PENDIDIKAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs SATU ATAP (SA) NURUL HUDA CURUG WETAN}, year={2020}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/386/}, abstract={Pendidikan keluarga adalah dasar bagi pendidikan anak, selanjutnya hasil-hasil pendidikan yang diperoleh anak dalam keluarga menentukan pendidikan anak itu disekolah maupun di masyarakat. Dengan kata lain orang tua sebagai penanggung jawab pendidikan yang pertama dan yang utama. Dikatakan yang pertama karena sebelum anak sekolah dia telah mengenal terlebih dahulu lingkungan keluarga dan dikatakan yang utama karena pendidikan dalam keluarga merupakan landasan atau dasar untuk perkembangan anak pada masa selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe pola asuh pendidikan keluarga siswa kelas VIII. untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran fiqh dan untuk mengetahui bagaimana hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqh di MTs Satu Atap (SA) Nurul Huda Curug Wetan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Mix Methods, yaitu penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif dalam satu penelitian, Mixed methods (metode gabungan: kualitatif-kuantitatif) adalah metode dengan menggunakan gabungan pada prosedur penelitian, dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode yang lain. Metode yang kurang dominan hanya diposisikan sebagai metode pelengkap sebagai data tambahan. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh tentang hubungan pola asuh pendidikan keluarga dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqh kelas VIII MTs Satu Atap (SA) Nurul Huda Curug Wetan dikategorikan baik, dapat dibuktikan dalam penelitian melalui angket yang disebarkan pada 29 siswa dan orangtua (wali murid) dengan rata-rata hasil angket mengenai pola asuh pendidikan keluarga=67, kenyataan tersebut diperkuat dengan korelasi yang mencapai sebesar = 0,480, merupakan korelasi positif, dan hasil uji t diperoleh thitung sebesar = 2,251 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu ttabel sebesar = 2,051. Kata Kunci : Pola Asuh, Pendidikan Keluarga, Prestasi Belajar} }