@thesis{thesis, author={Maulana Irfan}, title ={PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 KOTA TANGERANG}, year={2020}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/394/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Komunikasi interpersonal guru dalam mata pelajaran fiqih. 2. Faktor apa saja yang mempengaruhi hambatan dan keberhasilan komunikasi interpersonal. 3. Hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi, yakni mengungkapkan fenomena yang ada di lapangan penelitian. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan yang dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung. Adapun hasil penelitian yang dilakukan di MTs Negeri 3 Kota Tangerang menunjukan bahwa Komunikasi nterpersonal guru dalam mata pelajaran fiqih sudah bagus hal ini dapat dilihat bahwa komunikasi interpersonal yang baik, senantiasa dipenuhi kedekatan dan keakraban antara guru fiqih dan siswa MTs Negeri 3 Kota Tangerang ketika berkomunikasi yang mendorong siswanya menjadi siswa yang aktif, berkomitmen dan minat dalam pembelajaran. Dan faktor yang mempengaruhi hambatan dan keberhasilan komunikasi interpersonal yang dimiliki guru fiqih, yaitu ditandai : Keadaan psikologi komunikan, pesan bersifat satu arah, dan penyajian pesan yang verbalistik, dan sebagainya. Dapat menimbulkan pengertian, kesenangan, perubahan pada sikap, hubungan yang makin baik dan menimbulkan tindakan. Dan hasil belajar siswa MTs Negeri 3 Kota Tangerang sudah baik dengan hasil Tuntas.} }