@thesis{thesis, author={Waisul Qorni Marap Qori}, title ={ANALISIS METODE MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTSN 3 KOTA TANGERANG}, year={2020}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/396/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi bahwa: Untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran maka guru perlu menerapkan suatu metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam mengingat pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi proses belajar mengajar, dimana metode pembelajaran yang kurang tepat akan mempengaruhi hasil belajar siswa. metode pembelajaran yang tepat diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami dan mengerti materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan meraih jawaban : 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode Mnemonik pada pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 3 Kota Tangerang, 2) untuk mendeskripsikan pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 3 Kota Tangerang dengan menggunakan metode Mnemonik, 3) untuk mendeskripsikan metode Mnemonik terhadap hasil belajar SKI kelas VIII di MTsN 3 Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan metode mnemonik dalam pelajaran SKI kelas VIII di MTsN 3 Kota Tangerang merupakan metode yang mempermudah untuk mengingat dan menghafal pembelajaran. Dengan diterapkannya metode mnemonik keaktifan siswa lebih tinggi serta pembelajaran menjadi efektif. Metode yang dipakai guru SKI adalah metode jenis rehearseal, siswa bisa belajar dengan senang saat guru memberikan evaluasi berupa kuis, sambung cerita untuk lebih mengingat pembelajaran yang telah dihafal. 2) pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 3 Kota Tangerang dengan menggunakan metode mnemonik dapat membantu siswa dalam mengingat pembelajaran dan sangat relevan untuk pembelajaran SKI, dengan adanya metode mnemonik siswa mengalami kemajuan darisebelumnya, karna banyak ibrah yang dapat diambil dari sejarah kebudayaan islam walaupun masih ada beberapa siswa yang belum terbiasa dengan metode mnemonik. 3) analisis metode mnemonik terhadap hasil belajar SKI kelas VIII di MTsN 3 Kota Tangerang, keberhasilan siswa meningkat saat upaya guru dengan penerapan metode mnemonik dan RPP yang telah dibuat secara maksimal dan sistematis sehingga guru mendapatkan feed back yaitu, hasil belajar yang memuaskan sehingga siswa bisa menjawab kuis, sambung-menyambung cerita, memaparkan cerita didepan teman-temannya dengan baik, dan mencatat kembali cerita sejarah kebudayaan Islam dengan lengkap.} }