@thesis{thesis, author={MACHMUD PUTRA DJAKARIA}, title ={HUBUNGAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X IPS DI SMA ISLAMIC CENTRE KOTA TANGERANG}, year={2023}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/414/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini mengakibatkan siswa belum mampu meningkatkan kemampuan komunikasi mereka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga siswa belum mampu menerapkan kompetensi yang ada pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa kelas X IPS di SMA Islamic Centre Kota Tangerang Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yaitu untuk mengumpulkan data dari sekumpulan panel atau responden. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 responden dari 174 populasi penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, item pertanyaan yang dinilai dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan diperkuat koefisien korelasi product moment. Analisis ini menggunakan perhitungan rumus dan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,352, dikonsultasikan pada rtabel taraf signifikan 5% = 0,2732 dan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu Y = 21,072 + 0,345 X artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa di SMA Islamic Centre Kota Tangerang. Berdasarkan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 12,4%, sedangkan 87,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.} }