@thesis{thesis, author={WIJAYA ANGGRAENI CIPTA}, title ={PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 8 DI SMP MUHAMMADIYAH 48 CIKUPA TANGERANG.}, year={2022}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/474/}, abstract={Keterampilan menulis (maharah al-kitabah/ writing skill) adalah kemampuan dalam mendeskripsikan atau mengungkapkan isi pikiran, mulai dari aspek yang sederhana seperti menulis kata-kata sampai kepada aspek yang kompleks yaitu mengarang. Maharah kitabah dapat dikatakan sebagai kemahiran yang kompleks karna beberapa faktor yang menjadi kekhasan aspek menulis dalam bahasa Arab yang sekaligus menjadi problematika dalam mencapai kemahiran tersebut, seperti arah tulisan dan bentuk huruf yang berbeda dengan penulisan dalam bahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui problematika apa saja yang siswa hadapi tentang pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 48 Cikupa Tangerang dan upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran menulis bahasa Arab pada siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 48 Cikupa Tangerang. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah problematika pembelajaran menulis bahasa Arab terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek linguistik dan aspek non-linguistik. Problematika yang terkait dengan aspek linguistik diantara lain, lambatnya siswa dalam penulisan teks bahasa Arab, kurang dapat membedakan huruf hijaiyyah yang dapat disambung maupun tidak disambung. Dan probelmatika yang terkait dengan aspek non-linguistik yaitu faktor berbedanya latar belakang siswa , dan faktor kurangnya penjelasan makna dari guru bahasa Arab. Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran menulis bahasa Arab yaitu, mengadakan kelas tambahan tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya menulis bahasa Arab, memberikan materi tambahan terkait pembelajaran bahasa Arab khususnya menulis bahasa Arab, memberikan motivasi dan apresiasi terhadap siswa, dan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler bertema bahasa Arab.} }